Polisi Imbau Salon Tidak Berjualan Kosmetik Ilegal

Tribratanews.polri.go.id Blitar – Polisi mengingatkan kepada para pemilik salon yang ada di wilayah hukumnya agar tidak asal dalam menjual produk kecantikan seperti kosmetik.

Penjualan kosmetik tanpa perijinan dari lembaga terkait dalam hal ini Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) berpotensi menimbulkan kerugian bagi masyarakat yang disinyalir, masih banyak produk kecantikan ilegal dan berbahaya bagi masyarakat di wilayah Blitar, Jawa Timur.

Polisi menyebut, kosmetik ilegal dijual bebas oleh para pemilik salon tanpa memperhitungkan dampak yang ditimbulkan seperti yang dijual oleh salon di wilayah Garum dan Selopuro.

Aktifitas dua salon tercium kemudian digrebek polisi. Oleh sebab itu, para pemilik salon diminta menyerahkan kosmetik palsu yang tanpa memiliki ijin edar.

“Ini peringatan buat salon-salon lain yang menjual produk atau obat-obatan yang tidak sesuai dengan ijinnya. Segera buang, laporkan atau kembalikan,” tegas Kapolres Blitar AKBP Anissullah M. Ridha, Selasa (11/12/18).

Sebelumnya dalam operasi sikat yang dilakukan selama sepekan, Satresnarkoba Polres Blitar menangkap 15 tersangka kasus pelanggaran narkoba. Dua diantaranya merupakan pemilik salon yang kedapatan menjual kosmetik ilegal berbahaya.

Dari salon keduanya, polisi menyita sejumlah barang bukti meliputi 4 doz kosmetik ilegal, 1 buah krim muka, 65 lembar label kosmetik. Kepada polisi pemilik salon mengaku mendapatkan kosmetik itu via online.

Mereka juga menyiapkan label kosmetik sendiri. Begitu barang datang, pemilik langsung melekat label kosmetik tanpa memperhitungkan dampak bagi kesehatan.

Sementara dari hasil pemeriksaan laboratorium, kosmetik ilegal berbahaya yang diamankan polisi itu mengandung mercury yang dapat menimbulkan iritasi, luka bakar hingga peningkatan kandungan logam berat pada tubuh.

“Kami menghimbau masyarakat agar tidak terpengaruh karena harganya yang murah. Jangan sampai membeli kosmetik kecantikan pada salon potong rambut. Ini marak memang, dan ini melanggar ijin,” jelas AKBP Anissullah M. Ridha .

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password