Polda Metro Jaya Tangkap Penjual Blangko E-KTP

Tribratanews.polri.go.id Jakarta. Polda Metro Jaya berhasil menangkap satu tersangka berinisial NID, 37 tahun, terkait kasus penjualan blangko e-KTP secara online. Saat ini, keberadaan tersangka sudah berada di Rutan Polda Metro.

“Kemudian kemarin tanggal (10/11), kami sudah menangkap pelakunya di wilayah Tulang Bawang, Lampung. Tersangka hari ini resmi mulai ditahan,” jelas Kabid Humas Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono, di Jakarta, Selasa (11/12/18).
Kombes Pol. Argo Yuwono menambahkan, tersangka merupakan anak daripada pegawai Dukcapil di Lampung. Dia (tersangka) meminta mengambil blangko e-KTP tanpa seizin orang tua lantas menjual blangko melalui toko online.

“Jadi awalnya bahwa yang bersangkutan ini meminta mengambil blangko e-KTP tanpa izin dari orang tuanya, kemudian dia browsing atau dia jual di media online,” ungkapnya.

Menurut Kabid Humas Polda Metro Jaya, pihaknya tengah melakukan penyidikan terkait motif NID menjual blangko e-KTP melalui sosial media. Tersangka sempat mengedarkan 10 eksemplar dengan harga 50 ribu rupiah per eksemplar.
“Jadi, dia udah sempet menyebarkan 10 eksemplar dan diharga satunya 50 ribu rupiah dan sekarang masih ditangani penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya,” jelasnya.

Sementara itu Kombes Pol. Argo Yuwono menjelaskan untuk penemuan sekarung e-KTP yang tercecer di Pondok Kopi, Duren Sawit, Jakarta Timur, masih dalam proses penyidikan terkait alur siapa pemegang terakhir bukti penemuan tersebut.

“Kami masih menyelidiki alur penemuan sekarung e-KTP, artinya alur siapa yang memegang terakhir, gimana SOP-nya kalau itu memang sudah tidak berlaku seperti apa diberlakukannya. Nanti kita masih mendalami itu semua,” tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Atas perbuatannya, tersangka diganjar Undang-undang ITE serta Undang-Undang Administrasi Kependudukan.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password