Keberadaan Binmas Noken Polri di Papua, Tingkatkan Kemajuan di Berbagai Bidang

Tribratanews.polri.go.id. – Papua. Binmas Noken Polri mendapatkan apresiasi dari Kepala Suku Lanny Jaya, Wamena, Maximus Lani. Karena dinilai telah memberikan beberapa program untuk mendorong ekonomi masyarakat Papua.

Awalnya, Lani mengaku takut dengan anggota TNI dan Polri, dia mengatakan jika melihat anggota yang mendatangi tempatnya itu, dalam pemikirannya adalah suatu masalah. Namun, sekarang hadirnya Binmas ini, masyarakat merasa sangat disentuh langsung dan sangat terbantu secara ekonomi.

Binmas Noken Polri memberikan pembelajaran mengenai peternakan, pertanian, dan pendidikan seperti membaca buku dan menulis. Dia pun mengaku diajarkan bagaimana cara berladang di satu lahan tanpa harus berpindah-pindah. Maximus memberikan contoh, saat itu masyarakat Wamena hanya mengandalkan kol, ubi-ubian, wortel, bayam dan labu siam sebagai komoditas sayur mayur produksi mereka. Tetapi, Binmas Noken mengajari jenis sayuran lainnya juga dapat tumbuh subur di Wamena.

Kepala Suku Lanny Jaya juga menyebut penghasilannya saat ini meningkat, berdasarkan kemampuannya membeli bibit di tanaman di toko. Menurutnya, ada perbandingan jauh saat sebelum diberikan pelatihan Binmas Noken dengan saat ini setelah diberikan pendidikan pertanian.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password