Polri Selamatkan Rp 2,2 Triliun Uang Negara Selama Tahun 2018

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Polri menerangkan bahwa pihaknya menerima 1.443 laporan dugaan tindak pidana korupsi di seluruh wilayah Indonesia selama tahun 2018.

“Dari jumlah kasus tersebut, keuangan negara yang diselamatkan mencapai Rp2,273 triliun dari total kerugian keuangan negara sebesar Rp2,654 triliun,” kata Karo Penmas Divhumas Polri, Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M., di Jakarta, Senin, (10/12).

Karo Penmas mengungkapkan laporan kasus korupsi yang masuk pihak kepolisian cukup banyak.

“Untuk laporan tindak pidana korupsi, di tingkat Polres saja minimal terdapat 5 laporan yang masuk dalam satu tahun. Sedangkan di tingkat Polda, 10-15 laporan terkait tindak pidana korupsi dilaporkan per tahunnya,” tutur Karo Penmas.

Sedangkan di Bareskrim rata-rata per tahunnya terdapat 15 aduan tindak pidana korupsi. Maka dari itu penanganan terhadap tindak pidana korupsi menurut Dedi selalu dilakukan dengan sangat optimal.

“Upaya pencegahan juga secara masif dilakukan. Kita juga ada Saber Pungli (Sapu Bersih Pungutan Liar),” ucapnya.

Sementara kasus yang ditangani Polri di tahun 2018 lebih sedikit dibanding tahun 2017 dimana ada 140 kasus yang ditangani. Dengan adanya 535 kantor kepolisian yang tersebar di Indonesia, rata-rata kasus yang ditangani oleh polisi per bulan yakni 7 kasus dengan kerugian Rp 1,8 miliar.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password