Hari Anti Korupsi Sedunia, Kapolres Sragen Ajak Masyarakat Ikut Berperan Mengawasi Adanya Tindakan Korupsi

Tribratanews.Polri.go.id – Sragen. Team Saber Pungli kabupaten Sragen, mengajak masyarakat sragen ikut mengawasi adanya tindakan korupsi yang ada di lingkungannya. Pasalnya, baik penerima maupun pemberi sama sama menjadi tersangka dalam tindak pidana korupsi. Hal ini seperti di sampaikan Kapolres Sragen Polda Jawa Tengah AKBP Yimmy Kurniawan dalam sambutannya di acara peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) Tahun 2018 bertempat di alun alun sragen, Minggu (9/12/18).

Hadir dalam acara peringatan hari anti korupsi sedunia bertemakan “Menuju Indonesia Bebas Dari Korupsi”, diantaranya Bupati sragen dokter Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Wakil Bupati Sragen Dedy Endriyatno, SE , Wakil Ketua DPRD Sragen Bambang Widjo Purwanto, SH , Dandim 0725/Sragen Letkol Kav Luluk Setiyanto, Kapolres Sragen AKBP Yimmy Kurniawan, Sekda Sragen Drs.Tatag Prabawanto, Inspektur Inspektorat Sragen selaku Ketua tim Saber Pungli Dr. Wahyu Widayat, Ketua Pengadilan Agama Kab.Sragen Drs. Suhardi, prwakilan Kejari serta sejumlah dinas instansi terkait lainnya.

Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia ini bertujuan untuk mengingatkan kita semua sebagai komponen bangsa baik pejabat maupun masyarakat agar tidak melakukan tindak korupsi, selain itu menjaga pemerintah yang bersih, jujur, adil dan bebas pungutan liar yang ada di Kab.Sragen.

Kapolres Sragen juga menekankan sebagaimana di maksud dalam undang undang tindak pidana korupsi. Bahwasanya, korupsi itu tak hanya untuk memperkaya diri sendiri saja, namun termasuk pungutan liar dan suap pun termasuk dalam kategori korupsi. “Korupsi itu tak hanya untuk memperkaya diri sendiri saja, namun termasuk pungutan liar dan suap pun termasuk dalam kategori korupsi. Kami mengingatkan kepada warga Kabupaten Sragen untuk tidak mendorong adanya korupsi, karena berdasarkan Undang-undang yang baru, baik itu pemberi ataupun penerima sama-sama menjadi tersangka. Ini bukan hanya tugas dari kepolisan, kejaksaan maupun dari inspektorat saja, namun diharapkan juga dukungan dari warga masyarakat sragen untuk mengawasi dan menjaga, apalagi sekarang sudah ditetapkan sebagai wilayah yang bebas korupsi,“ jelas Kapolres.

Bupati Sragen dalam sambutannya juga berharap, seluruh pemimpin di mulai dari dirinya, sampai ke tingkat paling bawah yakni desa, bebas dari korupsi. Pernyataan tersebut,kemudian ia deklarasikan secara kompak, pada momen peringatan hari anti korupsi kali ini. “Inti dari kegiatan hari ini adalah Kabupaten meneguhkan komitmen bahwa saya sebagai bupati berikrar bersama untuk melaksanakan kegiatan di pemerintahan ini secara transparansi dan akuntabel, sehingga tidak ada kata korupsi di Kabupaten Sragen dan wujud dari komitmen ini ada 2 OPD yang menjadi Pilot Project untuk daerah yang bebas korupsi yaitu Dinas Perijinan Terpadu dan Disdukcapil, 2 dinas. ini akan menjadi contoh bagi Komitmen Kabupaten Sragen untuk menjadi daerah yang bebas korupsi, “ ujarnya.

(bg/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password