Polisi Usut Pemasok Dana untuk Kelompok Kriminal Bersenjata

Tribratanews.polri.go.idPapua. Untuk mencegah mengalirnya pasokan senjata kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang dipimpin Egianus Kogoya tersebut, Polda Papua terus melakukan patroli. Namun faktor alam menjadi hambatan utama untuk dapat dengan mudah memutus rantai pasokan senjata tersebut.

Kabid Humas Polda Papua Kombes. Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal menuturkan, senjata KKB itu diperoleh dari berbagai sumber. Ada yang berasal dari luar negeri seperti Filipina, dan dalam negeri seperti Ambon.

”Kalau dari lokal itu senjata bekas daerah konflik,” terang Kombes Pol AM Kamal , Minggu (09/12/18).

Senjata-senjata itu bisa berada di tangan pemberontak karena ada banyak jalur tikus di Papua. Polri berusaha keras untuk menyekatnya dengan patroli berkala. ”Tapi, yang menjadi masalah adalah kondisi geografis,” jelas Kabid Humas Polda Papua.

Lautan yang luas dengan kondisi alam hutan pegunungan membuat KKB mudah menyelundupkan senjata. Mantan Kasubbagopinev Bagpenum Ropenmas Divhumas Polri menuturkan, dana yang dimiliki KKB untuk mendatangkan senjata-senjata itu juga belum diketahui asalnya.

”Kalau tertangkap nanti pasti bisa diketahui,” papar Kombes. Pol Drs. Ahmad Mustofa Kamal.

Terkait penyelamatan dan evakuasi lima pekerja yang belum ditemukan, Kamal menuturkan bahwa operasi pencarian masih berlangsung.

”Kemungkinan tiga orang dieksekusi dan dua lainnya memisahkan diri dari kelompok yang telah ditemukan,” tutup Kabid Humas Polda Papua.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password