PENIPUAN JOGJA : Empat Pelaku Berhasil Ditangkap, Satu Pelaku Masih Buron

penipuan sleman

tribratanews.polri.go.id JOGJA – Empat pelaku kasus penipuan berhasil diamankan Satuan Reskrim Polres Sleman. Empat pelaku yang ditangkap berinisial TSH alias Riska, THS alias Teddy, SL alias Sugi dan WMC alias Candra, dan satu orang berinisial AW saat ini mash buron. Para pelaku ini berhasil memperdaya korban Gredika Noor, Asisten Branch Manager PT. Master Perdana Indonesia cabang Solo yang beralamat di Jl. Hanggowongsi No.2 C Tipes Solo Jawa Tengah.

Para pelaku melakukan aksinya dengan sangat apik terencana. Ini terbukti dengan diaturnya peran masing-masing pelaku dalam membagi tugas.

Kasat Reskrim Polres Sleman AKP Sepuh saat press relase Selasa (24/1/2017) menjelaskan, AW merupakan pelaku pertama yang menghubungi korban melalui email. Melalui pesan elektronik tersebut AW melakukan negosiasi dan terjadilah kesepakatan pembelian barang berupa mesin jahit/obras. Dalam pesan tersebut AW mengkonfirmasikan bahwa dirinya telah mentransfer sejumlah uang dengan menyertakan bukti transfer fiktif sebesar 299 juta kepada korban. Guna meyakinkan korban, pelaku lain yang berinisial TSH alias Riska menghubungi korban melalui telpon dan mengaku sebagai orang kepercayaan AW.

Merasa yakin dengan bukti transfer yang diterima, korban kemudian mengkonfirmasikan kepada AW bahwa barang pesanan akan segera dikirim. Pelaku TSH dan THS alias Teddy, SL alias Sugi, dan WMC alias Candra yang mengetahui berita langsung mencarikan gudang/ruko guna menampung mesin jahit tersebut.

Setelah menerima mesin jahit pelaku THS yang berperan sebagai penyewa gudang bersama SL penerima barang, dan WMC sopir Toyota Avansa diberikan imbalan uang oleh tersangka TSH. Barang yang didapat tersebut rencananya oleh TSH akan dikirim ke tersangka AW yang berada di Jakarta.

Merasa ditipu karena bukti transfer tersebut fiktif, manager perusahaan yang bergerak dibidang penjualan mesin jahit tersebut akhirnya melaporkan peristiwa ini ke Polres Sleman.

“Keempat pelaku akhirnya berhasil diamankan pada hari Jumat (30/12/2016) di depan sebuah toko Jl. Turi Durenan Tridadi Sleman. Sementara pelaku AW saat ini masih dalam buruan petugas”, ucap Kasat Reskrim AKP Sepuh.

Para pelaku saat ini diamankan di Rutan Mapolres Sleman bersama barang bukti hasil kejahatan. Guna mempertanggungjawabkan perbuatannya para pelaku dikenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 4 tahun penjara.

penulis : krzReSLMn-jay
editor : Kang Iqbal
publis : jay

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password