Resmi Jadi Tipe A, Kapolri: Polda DIY Milik Semua Masyarakat

Tribratanews.polri.go.id – DIY. Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D., meresmikan kenaikan status Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dari tipe B menjadi tipe A di Mapolda DIY, Sleman, pada Jumat (7/12).

Dalam sambutannya, Kapolri mengatakan pengukuhan atau kenaikan tingkat dari tipe B ke tipe A ini atas kajian Mabes Polri dengan KemenPAN-RB yang menyatakan Polda DIY layak naik statusnya menjadi tipe A.

Petimbangan Polda DIY layak menjadi tipe A di antaranya adalah dinamika yang sangat luar biasa tinggi, pembangunan berkembang pesat, jumlah penduduk bertambah banyak.

Baca juga: Kapolri Kukuhkan Polda Banten Jadi Tipe A

“Saat ini tidak lagi melihat batas DIY dan Jateng apalagi jika nantinya bandara baru beroperasi maka mobilitas masyarakat dan logistik keluar masuk serta DIY akan menjadi ikon penting destinasi wisata internasional,” jelas Kapolri.

Selain itu, Jenderal Bintang Empat tersebut juga mengatakan di DIY sangat banyak perguruan tinggi ternama serta tempat bagi mahasiswa mengambil gelar master. DIY bukan lagi menjadi metropolitan, melainkan menjadi megapolitan sehingga harus diimbangi dengan mekanisme manajemen yang baik dengan potensi gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), aksi unjuk rasa hingga kemacetan lalu lintas. “Untuk penciptaan kamtibmas yang lebih baik maka perlu penguatan menjadi Tipe A.”

Di penghujung sambutannya, peraih Bintang Adhi Makayasa sebagai Lulusan Terbaik Akademi Kepolisian tahun 1987 itu berharap adanya kerja sama dan dukungan dari semua pihak, serta kritik dan saran yang membangun demi kebaikan Polda DIY. Karena Polda DIY bukan hanya milik Mabes Polri, melainkan milik semua masyarakat.

“Mabes Polri tentunya siap membantu agar Polda DIY mencapai target-target dengan kenaikan menjadi Tipe A ini tercapai,” tuturnya.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password