Tanggap Bencana, Polri Gelar Apel Pasukan Satgas Operasi Pusat Aman Nusa II

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Kepala Korps Sabhara Baharkam Polri, Irjen Pol. Drs. Sudjarno, S.H., yang juga selaku Wakaopspus Aman Nusa II Tahun 2018 memimpin Apel Gelar Pasukan Satgas Operasi Pusat Aman Nusa II di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Rabu (5/12). Apel gelar pasukan ini dilaksanakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi dan mengakibatkan banyak korban jiwa maupun harta benda.

“Dalam kesempatan ini perlu saya ingatkan kepada seluruh anggota dan satuan jajaran Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk mempersiapkan personel maupun peralatannya, agar selalu siap diterjunkan sewaktu-waktu dalam menangani bencana,” pungkas Wakaopspus Aman Nusa II Tahun 2018.

Baca juga: Kapolda Metro Jaya Ingatkan Anggotanya Jaga Netralitas dalam Pemilu 2019

Selain itu, Jenderal Bintang Dua ini mengatakan, penanganan bencana dengan cepat, tepat dan efektif dapat tercapai apabila ada kerjasama dan koordinasi yang baik dari semua pihak, yakni jajaran Polri yang tergabung dalam Aman Nusa II, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Basarnas, Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait lainnya.

Baca juga: Tangkap Sepasang Kekasih, Polisi Bongkar Home Industri Narkoba di Samarinda

“Koordinasi ini memudahkan penanganan dan pertolongan terhadap korban bencana penanganan bencana dengan baik, sehingga dapat memperkecil dan menekan jumlah korban,” pungkas Irjen Pol. Drs. Sudjarno, S.H.

Menurutnya, persiapan personel dan peralatan merupakan hal yang penting sehingga penanganan bencana dapat dilaksanakan dengan cepat, tepat sasaran, efektif dan efisien.

“Penanganan bencana yang terkoordinir dengan baik, diharapkan dapat memperkecil dan menekan jumlah korban,” tutur Wakaopspus Aman Nusa II Tahun 2018.

Apel gelar pasukan ini diikuti oleh 2.500 personel gabungan yang terdiri dari beberapa Satuan Tugas (Satgas) diantaranya, Satgas SAR terdiri dari personel Brimob Polri, personel Ditpolair, personel Ditpol Satwa, personel Ditpol Udara, Satgas Dirbinmas Samapta Obvit, Satgas DVI, Satgas Lidik Sidik dan Satgas Banops.

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password