Kapolsek KPG dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Leato Utara Himbau Warga Untuk mengungsi

Tribratanews.polri.go.id – Polda Gorontalo, Akibat hujan yang turun deras selama beberapa jam Pada hari Senin Tanggal 23 Januari 2017 sekitar pukul 13.45  wita  maka di  RT 01/RW 03 Lingkungan III Kelurahan Leato Utara Kecamatan Dumbo Raya mengalami banjir bandang (bencana alam), Senin (24/01/17).

Karena bencana tersebut, mengakibatkan kerugian materil berupa rusaknya dapur dan pagar rumah (roboh) milik salah satu warga Leato Utara. Bpk. Hambran Baruadi (54) yang sehari-hari berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil. Kapolsek KPG Iptu Ondang Zakaria dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Leato Utara Bripka Andi Rizal beserta aparat Kelurahan Leato Utara menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di sekitar sungai agar mengungsi ke Saudaranya atau di kantor Kelurahan karena dikhawatirkan akan ada hujuan susulan sehingga mengakibatkan banjir tambah besar dan bisa mengakibatkan kecelakaan yang lebih parah.

Melihat proses kejadiannya, banjir bandang ini tidak bisa di kategorikan sebagai bencana hidrologi murni melainkan bencana geologi karena ada proses geologi berupa tanah longsor sebagai penyebab utama terbentuknya bendungan alami. Dikarenakaan kejadian banjir bandang ini bermula dari longsoran tanah di hulu, maka sangat diharapkan kepada masyarakat yang tinggal hilir aliran sungai kawasan permukitan untuk melakukan pengecekan secara berkala keadaan di hulu. Pengecekan ini bisa dilakukan dengan cara membentuk organisasi pemuda yang bertugas untuk melakukan pengecekan setiap seminggu sekali atau setiap sebulan sekali.

Penulis : Santo Adam

Editor   : Kang Ikbal

Publish : RA. Bilondatu

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password