Konferensi Polisi di Singapura, Kapolri: Tingkatkan Kerja Sama Internasional Tangani Terorisme

Tribaratanews.polri.go.id – SINGAPURA. Kapolri, Jenderal Polisi Prof. H. Muhamamd Tito Karnavian, Ph.D., menghadiri konferensi polisi atau Police Specialist Conference yang diselenggarakan oleh Singapore Police Force (SPF) pada 28-30 November 2018 di Hotel Amara Tanjong Pagar Singapura. Dalam kesempatannya, Kapolri akan memaparkan tentang penanggulangan tindak pidana kejahatan terorisme.

Mantan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengatakan kerja sama internasional perlu ditingkatkan sebagai upaya dalam penanganan kasus terorisme yang merupakan bentuk kejahatan transnasional.

“Oleh karena itu, penanggulangannya memerlukan kerja sama yang baik dari seluruh aparat keamanan lintas negara,” kata Kapolri, di Hotel Amara Tanjong Pagar Singapura, Rabu (28/11).

Di sela-sela acara, Kapolri melakukan pertemuan bilateral dengan Mr. Amrin Amin selaku Senior Parliamentary Secretary, Ministry of Home Affairs and Ministry of Health guna memperkuat kerja sama yang sudah terjalin antara Polri dengan SPF.

“Mempertimbangkan pengalaman dan keberhasilan Polri dalam penanggulangan terorisme, Mr Amrin menekankan perlunya SPF untuk belajar kepada Polri dalam pencegahan dan penanganan terorisme,” jelas Kapolri.

Sementara itu, Mr. Amrin mengatakan undangan kepada pimpinan tertinggi Polri ini merupakam apresiasi dan penghargaan atas keberhasilan dan peran penting Polri dalam pemberantasan terorisme global.

Dalam konferensi internasional ini dihadiri oleh 100 praktisi dan akademisi kepolisian terkemuka dari berbagai negara untuk mendiskusikan berbagai informasi terkait pemberantasan terorisme, upaya mewujudkan keamanan publik serta peningkatan kapasitas institusi dan personel kepolisian.

Konferensi juga dihadiri oleh perwakilan pasukan khusus dari berbagai negara yang terlibat dalam penanganan terorisme, antara lain Federal Police Bundespolizei, Australia Federal Police, Antwerp Police Department, Royal Brunei Police Force.

Selain itu, Royal Canada Mounted Police Attache, Hong Kong Police Force, Alameda Country Sheriffs Office USA, Interpol, Europol, dan Densus 88 Anti Teror Polri.

Sedangkan, Singapore Police Force selaku penyelenggara melibatkan Singapore Prison Service, Singapore Civil Defence Force, Singapore International Security Departement, Ministry of Defence Singapore and Central Narcotics Bureau.

Sebagai delegasi dari Indonesia, Kapolri datang dengan didampingi Wakadensus 88 Anti Teror Polri, Brigjen Pol. Martinus Hokum, dan Karomisinter Divhubinter Polri Brigjen Pol. Krishna Murti, S.I.K., M.Si.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password