Sebanyak 1.131 Pengendara Terjaring Operasi Zebra 2018

Tribratanews.polri.go.id – Sulawesi Tenggara. Operasi Zebra 2018 yang digelar secara serentak di seluruh jajaran Kepolisian Republik Indonesia telah berakhir sejak Senin 12 November 2018. Dalam Operasi tersebut Satuan Lalu Lintas Polri telah menindak pengendara yang ditemukan melakukan pelanggaran lalu lintas di jalan raya.

Di Konawe, selama Operasi Zebra 2018 digelar, Satuan Lantas (Sat Lantas) Polres Konawe telah menindak 1.131 pengendara pelanggar lalu lintas. Kebanyakan pelanggar yang ditindak oleh petugas karena tidak menggunakan Helm SNI tidak memiliki SIM, berkendara melawan arus dan kendaraan tidak memiliki kelengkapan.

Kapolres Konawe, AKBP Muh Nur Akbar, SH, M.H, melalui Kasat Lantas Polres Konawe, IPTU Arifin, S.Sos saat ditemui awak media, Rabu (14/11/2018) menyebut jumlah pelanggar lalu lintas di wilayah hukum Polres Konawe tahun 2018 ini mengalami peningkatan bila dibandingkan jumlah pelanggar tahun sebelumnya.

Pada tahun 2017 lalu kata dia, jumlah pelanggar lalu lintas sebanyak 793. Sementara, untuk tahun 2018 ini mencapai 1.131 pelanggar. Menurut Perwira Polri berpangkat dua balak di pundak itu, pelanggar pada Operasi Zebra tahun 2018 itu didominasi oleh pengendara roda dua.

“Kami telah menindak pengendara kendaraan roda dua atau motor sebanyak 832 pelanggar, mobil pribadi sebanyak 248, kendaraan roda 6 sebanyak 36 dan mobil Pick Up sebanyak 15,” terang Kasat Lantas Polres Konawe.

Menurut Kasat Lantas Konawe, meningkatnya pelanggaran lalu lintas di dua Kabupaten yakni Konawe dan Konawe Utara itu disebabkan adanya peningkatan volume kendaraan yang cukup signifikan setiap bulan.

Diketahui, untuk Kabupaten Konawe peningkatan kendaraan roda dua mencapai 300 sampai dengan 400 unit perbulan.

Guna meminimalisir terjadinya pelanggaran lalu lintas tersebut, Kasat Lantas Polres Konawe, Iptu Arifin menghimbau kepada seluruh masyarakat pengguna jalan, baik masyarakat Kabupaten Konawe maupun Konawe Utara agar dalam berkendara selalu mematuhi aturan berlalu lintas di jalan raya.

“Kami minta kepada masyarakat pengendara, jangan hanya patuh pada saat ada Operasi. Karena dengan mematuhi aturan berlalu lintas, pengendara dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas,” jelas Kasat Lantas Res Konawe.

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password