Bidhumas Polda Babel Gelar Talkshow Sosialisasi Bahaya Hoax

Tribratanews.polri.go.id – Bangka Belitung. Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kep. Bangka Belitung menggelar Talk show dengan tema Sosialisasi tentang bahaya hoax, kegitan tersebut dilaksanakan di gazebo Polda Kep. Babel yang di pimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Kep. Babel, AKBP Drs. Ahmad Maladi, dan tiga narasumber diantaranya PLH Kasubdit 2 Reskrimsus Kompol Noryono SH, S.ik MM, Kepala Dinas Kominfo DR Drs. Sudarman MM. Si., dan tokoh agama Ustad Syaekhu Pengasuh Ponpes Hidayatussalikin, Rabu (28/11/2018).

Kabid Humas Polda Kep. Bangka Belitung, AKBP Drs. Ahmad Maladi menjelaskan bahwa kegiatan talk show yang di adakan ini merupakan suatu trobosan inovasi Bid Humas Polda Kep. Babel yang bertujuan menyampaikan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang berita-berita tekeni (aktual).

Dari penjelasan beberapa narasumber tersebut mengenai berita hoax adalah Hoax dalam agama merupakan amalia yang dilarang Allah SWT, Fitnah merupakan Perbuatan ucapan yang dilarang, Jauh sebelum adanya kita ini pada zaman jahiliyah berita hoax menyebar kemana-mana, bahkan Rasul menjadi korban berita hoax, Sehingga Allah menurun ayat melarang orang beriman untuk berkata fitnah. (Qs. Bhkan melakukan gunjinagan itu disamakan allah swt seperti memakan saudara sendiri.), Larangan dalam islam sangat kuat, Allah melarang kita menyebar berita tidak benar. Fitnah lebih keji dari pembunuhan, Ujar ustad Syaekhu Pengasuh Ponpes Hidayatussalikin Pangkalpinang.

Menurut Bapak Kominfo Prov Kep. Babel DR Drs. Sudarmam bahwa Berita Hoax itu sudah ada memang dulunya contohnya Seperti orang tua dulu yang bercerita namun dengan tujuan itu mengedukasi.

Saat ini penyakit kita ini ialah saat menerima berita tidak memvalidasi atau menyaring berita tersebut sehingga mereka tidak mengetahui mana berita benar dan berita hoax.

Mari kita bersinergi bersama Polri dalam memberantas berita hoax. Mulai dari sekolah sampai kelompok masyarakat sehingga masyarakat sadar. Penyebaran berita hoax ini sangat cepat namun untuk babel tidak begitu seperti kota-kota besar.

Kabid Humas Polda Kep. Babel menyimpulkan bahwa dari beberapa penjelasan dari beberapa narasumber bahwa dalam setiap item-item dari agama, pakar dan Kepolisian penegakkan hukum sudah jelas sehingga masyarakat diharapkan paham bahwa berita hoax itu ada sanksi hukumnya. Ini sangat penting apalagi mengantisipasi jelang Pimilu 2019.

(my/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password