Tipu PNS Hingga Rp. 90 Juta, Seorang Polisi Gadungan Ditangkap di Madiun

Tribratanews.polri.go.id – Madiun. Polres Madiun berhasil menangkap “JA” seorang polisi gadungan yang melakukan penipuan terhadap seorang guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Kabupaten Madiun, Senin (27/11/2018).

 

Kapolres Madiun, AKBP Ruruh Wicaksono menerangkan bahwa tersangka mengaku sebagai anggota polisi yang bertugas pada Satuan Intel Polres Pacitan. “Tersangka ditangkap atas laporan korban DA, seorang guru PNS warga Desa Garon, Kecamatan Balerejo, Kabupaten Madiun. Dengan mengaku sebagai anggota polisi, tersangka menipu hendak menikahi korban hingga merugi puluhan juta rupiah,” terang Kapolres.

 

Kapolres menambahkan bahwa pelaku mendatangi sebuah toko dekat sekolah korban mengajar kemudian mengaku sebagai anggota polisi yang hendak mencari istri. “Korban yang juga sedang mencari suami kemudian percaya, hingga menyerahkan ATM miliknya kepada tersangka hingga total kerugian mencapai Rp. 90 juta lebih,” jelas Kapolres.

 

Berdasarkan hasil penyelidikan, korban sudah tiga kali melakukan kejahatan dengan kasus dan modus yang sama. Kejadian pertama sudah divonis dan sudah selesai menjalani masa hukuman penjara. Perbuatannya tersebut membuat pelaku dijerat Pasal 378 KUHP dan atau 372 KUHP dengan ancaman pidana penjara paling lama empat tahun pejara.

 

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password