Cegah Berita Hoax Jelang Pemilu 2019, Polisi Gencarkan Patroli Siber

Tribratanews.polri.go.id – Riau. Keberhasilan Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri dalam menangkap sebuah admin media sosial yang kerap menyebarkan berita bohong dan ujaran kebencian rupanya menginspirasi Polda dan Polres jajaran di seluruh Indonesia.

 

Salah satunya adalah Polres Indragiri Hulu (Inhu) Polda Riau. Polres Inhu membentuk Tim Siber yang dilengkapi dengan perangkat identifikasi pelaku kejahatan melalui internet jelang Pemilu Serentak 2019.

 

Kapolres Indragiri Hulu, AKBP Dasmin Ginting, S.I.K., menerangkan bahwa patroli di dunia maya ini dilakukan untuk menjaga persatuan dari ancaman perpecahan melalui berita hoaks.

 

“Kesiapan tim cyber Polres Inhu ini juga sudah ditinjau oleh tim Baharkam Mabes Polri ketika melakukan kunjungan ke Polres Inhu. Kedatangan tim Baharkam Polri dalam rangka memberikan asistensi dalam kesiapan Polres Inhu menghadapi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden 2019 mendatang,” terang Kapolres.

 

Mantan Kasubdit IV Ditreskrimum Polda Riau tersebut menambahkan Polres Inhu juga sudah menetapkan sejumlah hal yang perlu diwaspadai, diantaranya penyebaran berita hoaks serta ujaran kebencian. Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Inhu untuk bersama menjaga persatuan dan tidak mudah terprovokasi berita hoaks yang dapat memecah persatuan.

 

“Mari kita sukseskan pesta demokrasi 2019 mendatang, serta jeli dalam menerima serta menyebarkan informasi, agar persatuan tetap terjaga,” tutup Kapolres.

 

(er/sw/hy)

 

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password