Polisi Amankan Puluhan Warga yang Serang Petugas saat Lakukan Olah TKP di Merauke

Tribratanews.polri.go.id. – Merauke. Polisi yang tengah mengecek informasi dari masyarakat diserang oleh sekelompok warga di Jalan Maluku, Kompleks Belakang RSUD Merauke, Sabtu (24/11/2018). Akibat peristiwa tersebut, 5 polisi terluka termasuk Kabag Ops Polres Merauke, AKP Leonardo Yoga. Kejadian tersebut terjadi pukul 18.00 WIT.

Kejadian tersebut berawal dari ada seseorang yang datang menggunakan sepeda motor sambil membawa kapak. Warga yang melihat hal itu kemudian mengejar orang tersebut karena dianggap sebagai pelaku penculikan anak, namun orang tersebut berhasil melarikan diri. Polres Merauke mendapat informasi itu. Kemudian, AKP Leonardo Yoga menuju tempat kejadian perkara (TKP) bersama 8 anggota polisi lainnya. Tiba di TKP, AKP Leonardo Yoga kemudian menemui warga untuk menanyakan permasalah yang terjadi. Namun, pada saat bersamaan, datang 40-an warga yang diduga dipengaruhi minuman beralkohol sambil membawa parang, kapak, besi, kayu, dan panah. Sekelompok warga itu kemudian memprovokasi warga lainnnya dengan mengatakan, “Kamu polisi sudah kerja sama dengan pencuri tadi,” dan menyuruh petugas kepolisian untuk mundur. “Menyikapi situasi tersebut, Kabag Ops Leonardo Yoga berusaha menenangkan massa namun tidak berhasil,” jelas Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Mustafa Kamal.

Selanjutnya, Leonardo Yoga bersama anggota polisi lainnya mundur. Akan tetapi, massa sudah tidak bisa dikendalikan kemudian mereka menyerang petugas dan kendaraan dinas secara brutal. Untuk mengendalikan warga, polisi melepaskan tembakan peringatan ke udara. Namun, upaya itu tidak berhasil. Warga tetap menyerang petugas. Setelah berhasil mengendalikan situasi, polisi kemudian mengamankan 27 pemuda yang diduga sebagai provokator.
Berikut identitas korban :

Pihak polisi :
1. Kabag Ops AKP Leonardus Kabag Ops (mengalami luka gores di pipi sebelah kanan).
2. Bripda Ansar (luka gores di pergelangan tangan kanan).
3. Bripda Toni Givaru (luka robek di kepala).
4. Bripda Matias Nauce (luka memar pada rusuk kanan).
5. Bripda Erik Rivaldo W (bengkak di pergelangan tangan).

Korban masyarakat :
1. Melkiar Jebo (20), mahasiswa (luka dibagian dada kiri).
2. Bade Basius (20), mahasiswa (luka pada kepala 3 jahitan).

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password