E-TLE Kejar Ketertinggalan Indonesia dengan Negara Lain

tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Pemasangan kamera CCTV yang terintegrasi dengan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) merupakan inovasi baru di Indonesia, hal yang melatarbelakangi diterapkannya E-TLE tak terlepas dari minimnya budaya tertib masyarakat Indonesia khususnya Jakarta saat berkendara.

“Sekarang negara kita sudah ranking 9 kalau bicara aman. Tapi kalau bicara ketertiban, entah nomor berapa. Kalau kita contohkan tadi di Jepang itu sudah ribuan (CCTV), di negara lain jutaan. Jepang memang disiplinnya bagus sehingga meskipun banyak CCTV, yang melanggar sedikit,” ujar Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H.

Baca juga: Ini Dia Keunggulan Sistem E-TLE

Sementara itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB), Komjen Pol. (Purn) Drs. Syafruddin, M.Si., mengatakan, inovasi E-TLE dinilai penting untuk mengejar ketertinggalan bangsa Indonesia dengan negara lain.

“Indonesia sekarang sudah tidak tertinggal. Bangsa kita sedang mengadapi 2 tantangan besar, pertama tantangan ekonomi industri, kedua tantangan 100 tahun Indonesia Merdeka tahun 2045. Indonesia diharapkan menjadi ‘The Big Five In The World’ di semua aspek, harus ada di nomor 5 sedunia. Oleh karena itu, inovasi yang sedang dikejar tentu adalah sebuah langkah yang tepat untuk menuju yang kita cita-citakan,” jelas Menpan-RB.

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password