Luncurkan E-TLE, Wakapolri: Tak Perlu Ada Patung Polisi di Jalan

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Wakapolri, Komjen Pol. Drs. Ari Dono Sukmanto, S.H., menuturkan dengan adanya peluncuran sistem tilang elektronik atau e-TLE (electronic traffic law enforcement) tak perlu lagi ada patung polisi di jalan raya Jakarta.

Jenderal Bintang Tiga ini berharap masyarakat ke depannya lebih sadar hukum karena dipaksa akan diawasi oleh sistem elektronik dalam penegakan hukum lalu lintas. Sehingga masyarakat Jakarta tertib dalam berlalu lintas.

“Tidak perlu lagi ada polisi di jalan, akan berkurang polisi, enggak perlu lagi dipasang patung polisi. Karena yang ada di benak masyarakat kita sudah ada mata dimana-mana,” kata Wakapolri.

Baca juga:  Tahun 2019, Polda Metro Jaya Akan Pasang 81 Kamera CCTV di DKI Jakarta

Rencananya sistem tilang elektronik ini ditargetkan di seluruh Indonesia, meskipun hal tersebut tergantung pada anggaran yang ada.

“Jadi data seluruh Indonesia sudah ada, hanya ini tidak terlepas dari anggaran untuk bisa seluruh Indonesia memasang aplikasi ini. Ya kita nanti lihat tahun anggaran, nanti tahun depan kita ajukan lagi, sekarang bertahap,” tuturnya.

Selain itu, ia juga mengungkapkan untuk mendukung sistem tilang elektronik ini baru ada dua kamera CCTV yang terpasang di ruas jalan Ibu Kota. Namun rencananya akan disebar ke ruas jalan lain untuk memberlakukan sistem tersebut.

Sehingga pada tahun 2019 bisa mencapai target 80 kamera CCTV sudah terpasang di 40 titik ruas jalan Jakarta, supaya tak ada lagi pelanggaran lalu lintas dan masyarakat lebih tertib dalam berkendara.

“Kalau terget tidak ada lagi yang melanggar. (Target 2019) 81 cctv di 40 titik,” pungkasnya.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password