Resahkan Masyarakat, Polri Ungkap ‘Hoax Manufacture’ di Aceh


tribratanews.polri.go.id – ACEH. Polri serius memberantas penyebaran hoax dan hate speech di tanah air. Unit I Subdit I Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri membuktikannya dengan keberhasilan menangkap seorang pemuda berinisial JK (27) yang merupakan pemilik akun media sosial (medsos) ‘SR23’ penyebar berita bohong/hoax hate speech.

Pemuda tersebut diringkus pihak kepolisian di rumahnya di Kecamatan Luang Bata, Aceh. JK diketahui sebagai admin dari beberapa medsos yang kerap menyebar hoax dan ujaran kebencian.

Baca juga : Sebarkan Hoax dan Hate Speech, Polri Tangkap Pemilik Akun Medsos SR23

Kasubagops Dittipidsiber Bareskrim Polri, AKBP Jeffri Dian Juniarta, S.H., S.I.K., menegaskan, “JK diketahui memproduksi sendiri konten-konten tersebut dengan ditemukannya 843 gambar dengan logo SR23. Polisi juga menemukan beberapa template untuk editing gambar/meme. Bisa dikatakan JK adalah hoax manufacture”.

“JK terbukti memiliki beberapa akun medsos antara lain akun instagram sr23official dan 23_official,” ungkap AKBP Jeffri Dian Juniarta, S.H., S.I.K.

Kasubagops Dittipidsiber Bareskrim Polri menambahkan, “Aku tersebut merupakan akun-akun reinkarnasi dari beberapa akun milik JK sebelumnya, yaitu suararakyat23b, suararakyat23id dan suararakyat23.ind”.

Baca juga : Polda Kalsel Ajak Masyarakat Perang Melawan Hoax

Pelaku juga menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

(pr/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password