Ini Sosok Polisi Berhati Mulia Dari Kendari, Sisihkan Gajinya Buat Perahu Untuk Nelayan

Tribratanews.polri.go.id – KENDARI. Kanit Binmas Polsek Wawonii Tengah, Konawe, Sulawesi Tenggara, Bripka Azarudin namanya termahsyur di lingkungan para nelayan. Lantaran kebaikannya dalam berbagi dengan menyisihkan gaji yang diterimanya untuk membuat kapal nelayan. Berkat dedikasinya tersebut, tak hanya dicintai masyarakat, ia juga mendaptakan apresiasi dari tingkat Polda hingga Mabes Polri.

Bripka Azarudin yang juga seorang Bhabinkamtibmas ini tidak menyangka akan medapatkan kunjungan langsung dari para Pejabat Utama Polda Sultra dan Divisi Humas Polri.

Berkat ketulusan hati nurani Bripka Azarudin, membuat masyarakat Desa Lamongupa, Kecamatan Wawonii Tengah (Wateng), Kabupaten Konawe sangat terbantu. Masyarakat yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan ini biasa menggunakan perahu untuk menangkap ikan. Namun, seiring berjalannnya waktu perahu tersebut rusak dan tidak dapat digunakan.

“Saya sempat bertanya-tanya, kenapa warga tidak lagi pergi melaut. Setelah saya selidiki, dengan mengunjungi rumah warga satu per satu, ternyata karena perahu mereka rusak dan tidak punya biaya untuk memperbaikinya,” jelas Beipka Azarudin.

Dia tidak tega melihat para nelayan hidup dalam nestapa berkepanjangan. Maka dari itu ia berniat menyisihkan gajinya untuk membantu para nelayan. Setelah beberapa bulan uang terkumpul, ia sudah bisa mengumpulkan modal untuk membuat perahu baru nelayan.

“Kalau total yang kami buat sudah ada 20 unit. Namun 10 unitnya kami jual untuk mendukung operasional dalam membuat perahu untuk diserahkan kepada masyarakat. Kalau harganya muali dari Rp 5 juta sampai 7 juta perunit, sesuai ukuranya. Kalau perahu yang sudah ada kami serahkan sepenuhnya kepada masyarakat,” ujarnya.

Berkat kebaikan Bripka Azarudin, kini para nelayan sudah bisa melaut lagi. Tak ada kebaikan yang tak terbalas. Inovasi yang digagas Bripka Azarudin ini sampai juga di telinga Polda Sultra dan Mabes Polri.

Kasubbagdokliput Bagprodok Ro PID Divhumas Polri, AKBP Drs. Sonny Setiyawan bersama Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt S., S.I.K., M.Si., dan beberapa pejabat lainnya nengunjungi tempat para nelayan untuk melihat langsung pembuatan perahu nelayan yang digagas oleh Bripka Azarudin.

Selain itu, salah seorang warga, Agri, mengucapkan terima kasih atas bantuan dan kebaikan Bripka Azarudin. “Sebelum ada bantuan, saya selalu sewa kapal Rp 50 ribu untuk melaut. Berkat bantuan Polsek Wateng, kami tidak perlu lagi keluarkan uang banyak. Tidak perlu lagi menyewa perahu untuk menangkap ikan. Terima kasih Pak Azarudin.”

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password