Polri : Kasus Pembunuhan di Tahun 2018 Alami Penurunan Dibanding pada Tahun 2017

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Telah kita ketahui bersama, dalam dua pekan terkahir, publik digegerkan oleh deretan kasus pembunuhan yang terjadi di Jakarta dan sekitarnya. Namun, kasus pembunuhan yang terjadi di tahun 2018, alami penurunan dibanding pada tahun 2017.

“Data kasus dari Januari sampai dengan 23 Oktober 2018, yang terjadi ada 625 kasus pembunuhan sampai Oktober 2018. Dari 625, yang bisa diungkap kepolisian 574. Artinya, 92 persen kasus terungkap,” jelas Karo Penmas (Penerangan Masyarakat) Divisi Humas Polri Brigjen Pol. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum., M.Si., M.M. Sementara itu, jumlah kasus pembunuhan yang ditangani polisi pada 2017 mencapai 783 perkara dan yang terungkap 773 perkara.

Kao Penmas Divhumas Polri menjelaskan, 80 persen motif pembunuhan karena masalah antarpersonal, semisal dendam, sakit hati, dan tersinggung. Jika kasus pembunuhan melibatkan korban dan pelaku yang saling kenal, kemungkinan besar peluang kasus terungkap.

“Pembunuhan itu ada dua kelompok besar. Satu kelompok pembunuhan yang benar-benar antara pelaku dan korban punya interaksi dan komunikasi, itu 80 persen dari hasil olah TKP pasti terungkap. Dua puluh persennya ini tidak bisa kami ungkap karena korban dan tersangka tidak punya hubungan dan tidak ada interaksi,” jelas Karo Penmas Divhumas Polri.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password