Polda Jatim Berhasil Tangkap Pelaku Penyebar Hoaks yang Mengatasnamakan Institusi Polri

Tribratanews.polri.go.id. – Semarang. Tim Cybercrime Polda Jatim berhasil amankan seorang karyawan di Semarang, WN (27) yang menyebarkan berita hoaks dan mencatut nama Institusi Polri, Selasa (20/11/2018).

 

Informasi yang disebar WN melaui media sosial berisi dukungan Polri kepada salah satu pasangan calon (calon) di Pemilihan Pilpres (Pilpres) 2019 mendatang. Saat ini, WN masih menjalani pemeriksaan oleh aparat kepolisian dan terancam hukuman 2 tahun penjara akibat menyebarkan berita hoaks.

 

Berikut bunyi dalam postingan hoax yang disebar pelaku: “Dapat dari grup, suruh nyebarin biar merinding penjilat yang main curang. Kami Polri siap mengawal suara Prabowo-Sandi di Pilpres 2019. Demi menjaga keamanan NKRI. Bagaimana medukung Prabowo-Sandi apa siap mengawal suara demi menuju perubahan.”

 

WN mengaku menyebarkan hoax tersebut karena menganggap informasi tersebut menyakinkan. Tanpa berpikir panjang, ia pun kemudian menyebarkan informasi yang tak bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya itu. WN mengatakan, informasi yang disebar bukan dirinya yang membuat, ia hanya copy paste (copas) kemudian disebarkan lewat akun media sosial miliknya.

 

WN terancam dikenai Pasal 14 ayat 2 dan Pasal 15 Tentang Ujaran Kebencian dan Berita Bohong dengan ancaman 2 tahun penjara. Kombes Pol. Akhmad Yusef juga menegaskan kalau menemukan bukti baru yang memberatkan, ancaman pasal bisa bertambah.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password