Polisi Selamatkan Puluhan Satwa Konservasi di Batam

tribratanews.polri.go.id – KEPRI. Polda Kepulauan Riau (Kepri) menggelar konferensi pers terkait Tindak Pidana Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, bertempat di Pendopo Polda Kepri, Senin (19/11). Konferensi pers tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Drs. S. Erlangga.

Kronologis pengkapan tersebut terjadi saat Ditpolairud Polda Kepri melakukan penggeledahan terhadap satu unit Speed Boat yang diawaki oleh T selaku Nahkoda dan S sebagai Anak Buah Kapal, pada Jumat (16/11) lalu di Perairan Sungai Lelai Botania Kota Batam.

Baca juga: Bravo !!! Polda Kepri Gagalkan Pengiriman Puluhan PMI Ilegal

Dari penggeledahan tersebut polisi berhasil mengamankan 11 Ekor Burung dengan rincian, 7 ekor Kakak Tua Warna Putih, 2 ekor Nuri Bayan Betina Bulu Merah dan 2 ekor Nuri Bayan Jantan Bulu Hijau. Selain itu polisi juga mengamankan 51 ekor kura-kura dengan status konservasi tidak dilindungi.

Atas perbuatannya, pelaku dikenakan pasal 40 ayat (2) jo pasal 21 ayat (2) huruf a, huruf c Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1990 tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya jo pasal 55 ayat (1) ke – 1 KUHPidana, dengan ancaman penjara 5 tahun kurungan.

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password