Polda Banten dan Polda DIY Resmi Naik Menjadi Tipe A

Tribratanews.polri.go.idJakarta. Polda Banten dan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dinaikkan statusnya dari Polda tipe B ke tipe A. Dengan demikian Polda Banten dan DIY akan dipimpin jenderal bintang 2.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian merotasi jabatan Kapolda Banten dari Brigjen Teddy Minahasa Putra menjadi Brigjen Tomsi Tohir. Selain itu Kapolda DIY Brigjen Ahmad Dofiri akan dikukuhkan kembali menjadi Kapolda DIY.

Mutasi dan pengukuhan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/ 2947 /XI/KEP./2018 tertanggal 17 November 2018. Nantinya Brigjen Tomsi Tohir dan Brigjen Ahmad Dofiri akan dinaikkan pangkatnya menjadi jenderal bintang 2.

“Mutasi tersebut dalam rangka peningkatan tipologi Polda DIY dan Polda Banten dari Tipe B menjadi Tipe A yang akan dipimpin oleh Kapolda dengan pangkat bintang 2. Rencana pengukuhan dalam waktu yang tidak terlalu lama,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam ketarangannya Minggu (18/11).

Tak hanya kenaikan tipologi, TR juga memuat mutasi sejumlah perwira tinggi (Pati). Diantaranya Brigjen. Pol. Teddy Minahasa Putra, S.H., S.I.K., dari jabatan Kapolda Banten yang dipromosikan menjadi Wakapolda Lampung. Posisi yang ditinggalkan Brigjen Pol. Teddy akan diisi oleh Brigjen Pol. Drs. Tomsi Tohir, M.Si.

Kemudian, Wakapolda Sumsel Brigjen Pol. Bimo Anggoro Seno ditunjuk menjadi Wakapolda D.I. Yogyakarta. Brigjen Pol. Denni Gapril selanjutnya diangkat untuk mengisi jabatan yang ditinggalkan oleh Brigjen Pol. Bimo Anggoro Seno yakni Wakapolda Polda Sumsel.

Posisi jabatan strategis di Bareskrim Polri pun mengalami perombakan. Wakil Direktur Tindak Pidana Tertentu (Wadirtipidter) Bareskrim, Kombes Pol. Tornagogo Sihombing dipromosikan dalam jabatan Kepala Biro Pengawasan Penyidikan (Karowassidik) Bareskrim Polri. Jabatan yang ditinggalkan Tornagogo diisi Kombes Pol. Lukas Akbar Abriari.

Selain perwira tinggi, rotasi juga terjadi di tingkat perwira menengah (Pamen). Kapolres Tapanuli Tengah AKBP Ganda Saragih jabat Kapolres Metro Lampung. Posisi Kapolres Tapanuli Tengah selanjutnya akan diisi AKBP Sukamat.

“Ya (mutasi) penyegaran di dalam institusi Polri, dalam rangka ‘tour of duty’ dan ‘tour of area’,” tutupnya.

(ym/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password