Bareskrim Polri Bekuk Kelompok Penipu Bermodus Hack Email Korban

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri melakukan pengungkapan kasus kejahatan penipuan lewat email dengan tiga tersangka melalui pembajakan email korbannya bertempat di Gedung Bareskrim Polri Jakarta, Jumat (16/11/2018).

 

Kasubdit II Dittipidsiber Bareskrim Polri, Kombes Pol Rickynaldo Chairul menjelaskan bahwa E-mail dari perusahaan dibajak oleh hacker lalu dipakai isi di dalamnya termasuk dokumen dan invoice yang sudah pernah dikirim melalui e-mail tersebut. “Para tersangka adalah seorang WNA asal Nigeria Ndubuike Gilber Ukpogu, istrinya WNI Dina Febrianti, serta keluarga dari sang istri, Puput Bambang.

 

Ketiga pelaku yang ditangkap di sebuah hotel Jakarta Utara tersebut melakukan aksinya dengan meminta pengalihan rekening pengiriman uang dalam transaksi dengan korban menggunakan rekening yang sudah dibajak tersangka. Ketiga tersangka dibantu oleh hacker dari Nigeria yang kini ditetapkan sebagai Daftar Pencarian Orang (DPO).

 

“Begitu sudah tiba saatnya pembayaran, korban dapat e-mail yang mirip dengan pihak yang selama ini mereka bekerja sama, isi e-mail mengalihkan rekening yang awalnya sudah disebut dalam kesepakatan. Begitu barang sudah sampai, dapat e-mail baru yang isinya minta dialihkan rekeningnya karena rekening yang lama ada masalah,” ujar Rickynaldo.

 

Kelompok ini sudah meraih uang Rp. 75 miliar selama melancarkan aksi selama tiga tahun belakangan. Ketiganya dijerat Pasal 263 dan 378 KUHP serta Pasal 30 UU ITE. Bareskrim Polri juga mengamankan barang bukti berupa 15 buku tabungan yang dibuat tersangka Dina menggunakan KTP palsu, 15 ponsel, dan 1 buah laptop.

 

(er/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password