Penipu Ini Lakukan Aksinya dengan Menyamar Sebagai Marinir Palsu

tribratanews.polri.go.id – JAWA TIMUR. Tim Buser Polsek Banyuwangi menangkap YF (52) warga Perumahan Brawijaya Blok B/8, Kelurahan Kebalenan, Banyuwangi. YF ditangkap di area pom bensin Sukowidi, Jalan Yos Sudarso, Banyuwangi, Kamis (15/11). YF ditangkap lantaran telah melakukan aksi penipuan yang memakan banyak korban.

“Sejauh ini sudah ada 11 laporan Polisi yang kami terima, kami masih menunggu laporan korban yang lain,” ujar Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi, S.I.K.

Modus yang dilakukan tersangka dengan berpura-pura menjadi anggota Marinir. YF mengawali aksinya dengan menghentikan pengendara motor di jalan, kemudian korban diminta mengantarkan ke suatu tempat. YF lalu memberi sejumlah uang kepada korban. Selanjutnya, pelaku menginggalkan korban dan membawa motor korban.

“Saat itu saya seperti tidak sadar, setelah beberapa menit kemudian baru saya sadar sepeda saya hilang,” jelas Yehezkiel Eka Pratama (19), salah satu korban penipuan.

Dari hasil penggeledahan di rumah pelaku, Polisi mendapatkan banyak barang bukti. Diantaranya, baju dinas Angkata Laut (AL) berwarna biru, sepatu dinas AL, jaket Dinas AL, Kartu Tanda Anggota AL palsu, tas dan topi Marinir. Polisi juga menemukan sejumlah surat kendaraan yang diduga terkait dengan kejahatan tersangka.

“Hasil koordinasi dengan Pomal Lanal itu (KTA) palsu, Banyuwangi NRP bukan atas nama yang bersangkutan,” jelas Kapolres Banyuwangi.

Atas perbuatannya, tersangka dijerat dengan pasal 378 KUHP jo pasal 372 KUHP tentang penipuan dan penggelapan.

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password