Apa Itu E-TLE? Berikut Ini Penjelasannya

tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) merupakan sistem penegakan hukum di bidang lalu lintas yang cukup efektif, dengan menggunakan teknologi elektronik berupa kamera ANPR (Automatic Number Plate Recognition). ANPR dapat mendeteksi tanda nomor kendaraan secara otomatis, merekam dan menyimpan bukti pelanggaran tersebut untuk bisa dipergunakan sebagai barang bukti pada saat dilakukan penindakan.

Baca juga : Polda Jatim Musnahkan 9 Kg Sabu dan 11.800 Butir Ekstasi

E-TLE ini bertujuan untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban lalu lintas di jalan, serta berguna untuk meningkatkan disiplin berlalu linta. Selain itu, E-TLE juga akan menekan tingkat fatalitas korban kecelakaan.

Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Yusuf, S.I.K., M.Hum., menyatakan bahwa pemantauan proses tilang akan dilakukan secara sistematis dari CCTV yang bisa menangkap gambar dari sebelum, saat, sampai sesudah pengendara melakukan pelanggaran lalu lintas.

Baca juga : Viral Saat Redam Ketegangan Dua Kelompok Massa, Lemkapi Apresiasi Kapolresta Yogyakarta

“Gambar pelanggar akan masuk ke dalam server dan akan digunakan sebagai bukti. Kita analisa dan bila benar, dikirim surat konfirmasi pelanggaran lalu lintas sesuai data di TMC Polda Metro Jaya langsung disertakan dengan foto pelanggaran yang diambil dari CCTV,” ungkap Dirlantas Polda Metro Jaya.

(pr/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password