Polda Maluku Utara Gelar Sosialisasi DVI dan Whorkshop Basic Life Support

Tribratanews.polri.go.id – Ternate. Kepala Kepolisian Daerah Maluku Utara Drs. M. Naufal Yahya, M.Sc, Eng. membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi Disaster Victim Identification (DVI) dan Workshop Basic Life Suport, yang dilaksanakan di Royal Resto Ternate Rabu(14/11/18).

Turut hadir dalam acara tersebut Wakapolda Kombes Pol. Drs. Lukas Arry dwiko Utomo, Irwasda Kombes Pol. Syam Yulianus Kawengian. S.H, Kabid Dokes AKBP dr. Maringan Th Simanjuntak, M.M, M.A.R.S., para Pejabat Utama, para Perwira Polda Maluku Utara dan Peserta Sosialisasi.

Dalam sambutannya Kapolda Maluku Utara mengatakan secara geografis Maluku Utara merupakan daerah kepulauan dengan beberapa gugusan gunung aktif, tentunya kondisi ini sangat rentan terjadi gempa bumi, gunung meletus, banjir, kecelakaan laut yang dapat mengakibatkan korban jiwa. Menyikapi kondisi tersebut sebagaimana tugas, tanggung jawab dan kewenangan Polri dalam melakukan Identifikasi Forensik dan menjamin keselamatan jiwa raga, maka dari itu sosialisasi Disaster Victim Identification (DVI) ini sangat lah penting untuk dilaksanakan. Hal ini dapat membantu keluarga korban untuk memastikan status korban yang meninggal, mendapatkan asuransi jiwa, serta korban meninggal dapat pemakaman yang layak.

Pada kesempatan itu juga Kabid Dokes Polda Maluku Utara mengatakan kegiatan sosialisasi Disaster Victim Identification (DVI) ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada kita untuk melakukan mekanisme identivikasi korban bencana masal. Yang seperti kita ketahui bencana di Palu dan korban jatuhnya pesawat Lion Air untuk korban yg hidup dan meninggal karena keluarga korban butuh kepastian jangan sampe salah teridentifikasi. Prosedur tersebut lah yang dilakukan Tim DIV dalam melakukan identifikasi satu korban, dan ini kami sosialisasikan kepada masyarakat dan Personel Polri supaya mengerti mekanismenya jangan sampai tidak mengerti sehingga nanti mempersulit untuk dilakukan identifikasi.

(sm/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password