Rekonstruksi Perkara Curas Senilai 3,5 M

Tribratanews.polri.go.id – Bukittinggi. Beberapa waktu lalu, tepatnya tanggal 20 s/d 28 Agustus 2018, Polres Bukittinggi berhasil mengungkap kasus tindak pidana pencurian dengan kekerasan (curas) terhadap mobil operasional Bank Syariah Mandiri (BSM) Cabang Bukittinggi.

 

Kapolres Bukittinggi ,AKBP Arly Jembar Jumhana, S.I.K, M.H., melalui Kabag Ops Polres Bukittinggi, Kompol Arie Sulystio Nugroho, S.I.K., M.H. menjelaskan, untuk penyusunan keterangan para tersangka dan saksi yang sudah dituangkan dalam berita acara pemeriksaan sebelumnya, jajaran Sat Reskrim Polres Bukittinggi melakukan rekonstruksi terhadap perkara tersebut.

 

“Perkara ini adalah curas mobil operasional Bank Syariah Mandiri Cabang Bukittinggi, yang menyebabkan pihak Bank mengalami kerugian Rp. 3.500.000.000 (tiga milyar lima ratus juta rupiah),” ujar Kabag Ops.

Disamping itu, KBO Sat Reskrim, Ipda Rommi Hendra Kurniawan, S.H., M.M. menjelaskan rekonstruksi ini juga bertujuan untuk mengetahui dengan jelas peran masing-masing tersangka. Disaksikan oleh pelapor (pihak Bank), Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Lubuk Basung, Edmon Eliyas, S.H. dan Jaksa Penuntut Umum (JPU), Yanita, S.H.

 

“Rekonstruksi ini dilakukan sebanyak 35 (tiga puluh lima) adegan, yaitu mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan diakhiri oleh para tersangka saat membagi-bagi hasil curasnya dengan bagi rata setelah dikeluarkan biaya operasional, uang tersebut dibagi di Bagan Batu Propinsi Riau,” jelas KBO Sat Reskrim.

 

Diketahui, 6 dari 9 tersangka sudah berhasi ditangkap. Sedangkan 3 orang lainnya masuk Daftar Pencarian Orang (DPO) dengan inisial DS, J, dan DB.

 

“Dalam perkara ini penyidik mempersangkakan pasal 363 ayat (1) ke 4 atau 365 ayat (1) dan (2) ke 2 jo 55 atau 56 KUHpidana”, tutup KBO Sat Reskrim.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password