Satlantas Polres Gresik akan Berlakukan Tilang Elektronik

Tribratanews.polri.go.id Gresik. Pengguna jalan raya di Kota Gresik, Jawa Timur tidak bisa sesuka hati untuk melanggar peraturan lalu lintas.

Pasalnya, Satuan Polisi Lalu Lintas (Satlantas) setempat akan memberlakukan tilang elektronik, atau electronic traffic law enforcement (ETLE) semacam kamera CCTV yang dipasang di perempatan GNI dan Simpang Lima Sukorame Kota Gresik.

Penempatan di dua titik tersebut karena merupakan akses jalan kabupaten. Sehingga, memudahkan berkodinasi dengan dinas terkait. Misalnya, Dinas Perhubungan (Dishub) dalam memantau arus lalu lintas.

Kanit Dikyasa Satlantas Polres Gresik Ipda Darwoyo mengatakan, saat ini kedua kamera CCTV itu telah dipasang di kedua akses jalan tersebut. Terkait dengan pemberlakuan sistem tilang elektronik. Mulai sekarang pihaknya telah melakukan sosialisasi agar pengendara tidak kaget.

“Pemberlakuan ETLE itu sebagai peringatan serta shock terapi bagi pengendara yang melanggar aturan lalu lintas,” ujarnya, Rabu (14/11/18).

Sebelumnya, Satlantas Polres Gresik bersama Dishub setempat telah melakukan rapat kordinasi (Rakor) membahas tentang pemberlakuan sistem tilang eletronik. Dalam rakor tersebut juga dipaparkan pemasangan rambu tambahan. Yakni, kamera CCTV yang ditempat di perempatan GNI dan Simpang Lima Sukorame.

Sementara, Kasatlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestanto menuturkan, pemberlakuan ETLE itu nantinya secara serentak dilakukan di sejumlah daerah di Jawa Timur. Salah satunya adalah di Polres Gresik.

“Gresik merupakan salah satu pilot project terkait dengan pemberlakuan ETLE. Untuk itu, kami fokus dan mematangkan konsep tersebut sambil melakukan sosialisasi. Sebab, butuh waktu supaya masyarakat beradaptasi dan tidak kaget setelah nanti akan diberlakukan,” tandasnya.

(ym/sw/hy)

Admin Polri54158 Posts

tribratanews.polri.go.id "Portal Berita Resmi Polri : Obyektif - Dipercaya - Patisipatif"

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password