Bid Humas Polda Maluku Utara Lakukan Sosialisasi Tentang Bijak Dalam Menggunakan Media Sosial

Tribratanews.polri.go.id- Ternate. Bidang Hubungan Masyarakat Polda Maluku Utara bersama dengan RRI Pro 2 Ternate melaksanakan sosialisasi tentang penggunaan media sosial bertempat Di Cafe Acustic Kelurahan Batu Anteru Kec. Ternate Tengah. Senin (12/11/18).

Kabid Humas Polda Maluku Utara Akbp Hendri Badar menyampaikan perkembangan teknologi saat ini tidak bisa dielakkan lagi. Pada zaman dahulu berita bersumber dari sebuah mesin ketik. Zaman berkembang berita sudah bisa dibuat dari sebuah PC/ computer Lalu dilanjutkan dengan perkembangan Laptop yang bisa dibawa kemana-mana dan sekarang sumber berita sudah bisa kita dapatkan melalui jari tangan kita melalui Hanphone yang selalu melekat ke tangan setiap saat.

Kabid Humas Polda Malut juga menyampaikan tentang latar belakang munculnya berita Hoax “Berita HOAX adalah berita palsu yang diadakan atau diputar balikkan dari realitas sesungguhnya”. Maraknya berita HOAX sekarang banyak tersebar diberbagai media, baik itu media cetak maupun media online. Mirisnya banyak masyarakat yang kurang peduli dengan adanya hal tersebut.

Selain itu, Kabid Humas Polda Maluku Utara Akbp Hendri Badar menghimbau kepada warga masyarakat Kota Ternate agar bijak dalam menggunakan media sosial sebelum di share disharing dulu kepada sumber yang dapat di percaya. Apabila belum yakin dengan kebenaran berita tersebut segera berkomonikasi dengan kepolisian baik tingkat Polda maupun Polres dan Polsek. Apabila ragu dengan berita tersebut pengguna diharapkan menghapus berita tersebut.

Perlu diketahui bahwa Peraturan yang mengatur mengenai kabar berita bohong tercantum dalam UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik) pasal 28 ayat (1) dan (2).

1).Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa Hak menyebarkan berita bohong dan menyesatkan yang mengakibatkan kerugian konsumen dalam Transaksi Elektronik

2).Setiap Orang dengan sengaja dan tanpa Hak menyebarkan informasi yang ditujukan untuk menimbulkan rasa kebencian atau permusuhan individu dan/atau kelompok masyarakat tertentu berdasarkan atas suku, agama, ras dan antargolongan (SARA).

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password