Polri Janji Usut Tuntas Pemerkosaan Mahasiswa UGM

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polri menyatakan akan mengusut tuntas kasus pemerkosaan mahasiswi Universitas Gadjah Mada (UGM). Kasus kekerasan seksual itu terjadi pada 2017 saat pelaku dan korban melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Maluku.

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H., mengatakan Polda Yogyakarta sudah berinisiatif melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

“Polda Jogja sudah berinisiatif melakukan penyelidikan terhadap yang diduga terkait dalam kasus ini, termasuk tim yang dulu menangani kasus ini sampai dengan dalam tanda kutip tuntas menurut universitas. Oleh sebab itu saat ini sedang didalami oleh penyidik Polda Jogja, untuk minta keterangan pada yang bersangkutan terkait kasus tersebut,” Jelas Kadiv Humas Polri.

Saat ini polisi masih mendalami keterangan-keterangan dari pihak-pihak terkait. Menurutnya, beberapa orang sedang dimintai keterangan untuk kelengkapan alat bukti sehingga konstruksi hukum dapat segera dibangun.

Penyelidikan dibuka lantaran ada temuan kejanggalan dalam kasus ini. “Kenapa dulu enggak lapor polisi dan pihak universitas menutupi. Ya pasti ada alasannya, informasi media yang jadi temuan kami,” jelasnya.

Dengan demikian menurut Kadiv Humas Polri, Kepolisian tidak harus menunggu laporan pengaduan dari korban untuk membuka penyelidikan perkara. Polisi juga tengah membangun konstruksi hukum kasus kekerasan seksual tersebut.

Sesuai pasal 184 KUHAP, penyidik akan mencari setidaknya dua alat bukti yang sah. Dua alat bukti itu menjadi syarat agar kasus tersebut bisa dilanjutkan.

Kendati demikian, Kepolisian pesimis pengungkapan kasus pemerkosaan ini berjalan mulus. Alasannya karena peristiwa yang menimpa mahasiswi UGM tersebut terjadi tahun lalu. Sehingga sangsi alat bukti masih bisa didapatkan. Tetapi Kepolisian akan memaksimalkan tenggat waktu pengusutan perkara yang kadaluarsa hingga 12 tahun pascakejadian.

Kasus kekerasan seksual terhadap mahasiswi UGM itu terungkap setelah Lembaga Pers Mahasiswa UGM, Balairung Press menerbitkan laporan pada 5 November 2018. Dalam laporan diungkap, mahasiswi yang disebut dengan nama Agni, diperkosa oleh temannya saat KKN di Maluku pada 2017 lalu.

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password