Insiden Bianglala, Polisi Panggil Pengelola Wahana di Yogyakarta

Tribratanews.polri.go.id – Yogyakarta. Terkait insiden beberapa kabin penumpang bianglala terbalik, pihak Kepolisian memanggil pemilik wahana permainan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS).

 

Kasatreskrim Polresta Yogyakarta, Kompol Sutikno menegaskan, pertemuan dengan pengelola dan pemilik wahana bertujuan agar kejadian serupa tidak terjadi lagi dan semua wahana permainan harus ada standar kelayakan atau standar keselamatannya.

 

“Standar keamanan harus menjadi prioritas bagi pengelola wahana permainan. Dengan standar keamanan yang jelas, diharapkan masyarakat tak trauma dan kejadian serupa tak terulang,” ujar, Kompol Sutikno.

“Memang tidak ada unsur pidana dan tidak ada korban, tapi kan kasihan masyarakat, karena itu pengelola wahana permainan di Sekaten dipanggil,” tambah Kompol Sutikno.

 

Disamping itu, Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi meminta wahana bianglala dihentikan sementara sampai pengelola wahana permainan bisa memberikan jaminan keamanan kepada masyarakat.

 

“Jadi semalam itu kami sudah minta kepada panitia untuk segera menghentikan acara bianglala itu, wahana-wahana yang mengalami masalah itu. Selama tidak ada jaminan itu kami minta (bianglala) untuk tidak dioperasionalkan dulu. Jadi sekarang tugas mereka adalah untuk memberikan keyakinan kepada kita semua, pemerintah maupun masyarakat bahwa wahana itu aman,” tegas Wakil Walikota Yogyakarta, Senin (12/11).

 

Selain itu, panitia penyelenggara PMPS 2018 juga diminta untuk melakukan pengecekan ulang terhadap seluruh wahana permainan dan kemudian dilaporkan ke Pemkot Yogyakarta sebagai bahan evaluasi.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password