Polres Metro Jakbar Ciduk 23 Preman Kuasai Lahan Kosong

Tribratanews.polri.go.id – JAKARTA. Polrees Metro Jakarta Barat (Jakbar) menangkap 23 orang terduga pelaku enguasaan lahan secara paksa dengan cara melakukan pengerusakan pagar arkon dan mengintimidasi para penjaga lahan. Sebanyak 13 orang diringkus polisi di Jalan Bulak Sereh Kalideres, kemudian yang 10 orang di Daan Mogot Kalideres, Jakarta Barat.

“Kita tangkap 23 orang pelaku yang sebelumnya Korban telah mengirim surat somasi namun tidak dihiraukan oleh pelaku,” ujar Kapolres Metro Jakbar, Kombes Pol. Hengki, S.I.K., M.H., Senin (12/11).

Kombes Pol. Hengki mengatakan para pelaku menduduki secara melawan hukum sebidang tanah dengan cara merusak pagar. Kemudian menduduki lahan tersebut dengan membangun bedeng sebagai tempat tinggal.

“Dimana para preman ini jika sedang menguasai sebuah lahan, lahan itu tak bisa sembarangan ditempati. Sebagai Contoh, kalau ada pedagang yang ingin berjualan di lahan itu harus bayar sekitar Rp 500.000 per-bulan. Parahnya, pemilik lahan tak boleh menginjak lahan itu. Jika memaksa, pemilik lahan itu sendiri nyawanya terancam,” ujarnya.

 

Aksi kelompok preman ‘Hercules’ kerap meresahkan masyarakat. Keberingasan para preman ini, tak hanya turut ancam nyawa seseorang beserta kuasai lahan seseorang secara paksa. Para preman ini, juga merusak atribut kepemilikan lahan seseorang.

“Jika ada plang kepemilikan lahan, mereka pun tanpa pandang bulu lakukan pengerusakkan di lokasi. Ada membawa linggis, batu, sajam dan lain-lain,” ujar Kombes Pol. Hengki.

Maka dari itu, pihaknya berkomitmen akan menindak tegas premanisme di kawasan Jakarta barat

“Kami imbau masyarakat jangan takut dengan preman-preman seperti ini. Segera melapor ke kami, dan kami akan tindak tegas. Sebab, para preman ini sangat meresahkan masyarakat di lingkungan, khususnya wilayah Jakarta Barat,” imbaunya.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 170, 335 ayat 1 KUHP, dan 167 KUHPidana.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password