Polisi Berhasil Amankan Penjual Satwa Langka dan Dilindungi di Majalengka

Tribratanews.polri.go.id. – Majalengka. Pemuda yang merupakan mahasiswa, lakukan penjualan satwa langka dan dilindungi. Pemuda tersebut menjual landak jawa dan kukang jawa via online. Diketahui, Pemuda tersebut berinisial FN (22), warga Kelurahan Majalengka Wetan, Kecamatan/Kabupaten Majalengka. Pemuda tersebut berhasil diamankan oleh Polisi di kediamannya.

Kapolres Majalengka, AKBP Mariyono mengatakan, kasus ini terungkap berkat laporan dari Balai Konservasi dan Sumber Daya Alam (BKSDA) tentang adanya perdagangan satwa dilindungi.

“Pelaku ini menjual satwa dilindungi melalui media sosial yaitu Facebook. Kita telusuri dari aktivitas Facebook, kemudian kita tangkap FN,” ujar Kapolres Majalengka.
Dari kediaman FN, petugas menyita sejumlah satwa dilindungi, yakni dua ekor landak jawa dan satu ekor kukang jawa. Selain itu, polisi menyita sejumlah barang bukti lainnya berupa buku tabungan, ponsel, sarung tangan, dan gelang warna merah.

 

Setelah diamankan petugas, satwa dilindungi yang disita dari tersangka FN selanjutnya diserahkan kepada BKSDA Jabar. Kepala Resort Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) Cirebon Slamet Priambada mengungkapkan, pihaknya akan segera melepasliarkan dua satwa dilindungi hasil sitaan Polres Majalengka tersebut. Namun, sebelum dilepasliarkan, terlebih dahulu akan dilakukan pengecekan kesehatan.

 

Pada kesempatan tersebut, petugas juga menerima sejumlah hewan dilindungi dari warga yang menyerahkannya secara sukarela. Hewan-hewan dilindungi itu antara lain, burung Nuri Bayan, Nuri Raja Ambon, Kakatua Jambul Kuning, Kadal Berjumbai, Trenggiling, Kukang Jawa, Landak Jawa, dan Soa Soa Layar.

FN disangkakan melanggar Pasal 21 ayat 2 huruf A Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5/1990 Tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistem. Pelaku yang kini ditahan, terancam kurungan penjara maksimal lima tahun dan denda maksimal Rp 100 juta.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password