Bid Humas Polda Malut Laksanakan Acara Temu Netizen Terkait Bijak Menggunakan Sosial Media

Tribratanews.polri.go.id- Ternate. Bidang Humas Polda Maluku Utara melaksanakan kegiatan Temu Netizen terkait Bijak Menggunakan Sosial Media, yang kali ini dilaksanakan sosialisasi kepada peserta Jumbara (Jumpa Bakti Gembira) PMR ke – 3 Kota Ternate 2018 yang bertempat di Danau Laguna Ternate Kel. Ngade, Kec. Ternate Selatan Kota Ternate. Jumat (9/11/18).

Dalam kegiatan ini dipimpin oleh Kaur Penum Bid Humas Polda Malut AKP HEFRIZON, S.Kom, S.I.K, M.M ini didampingi oleh Duta Humas Polda Maluku Utara Ardhian Idhan yang diikuti oleh Peserta Jumbara Kota Ternate 2018 sebanyak 80 orang yang merupakan perwakilan dari masing2 kontingen (Ada 18 kontingen) Tingkat madya (SMP/MTS) dan Wira (SMA/SMK) se Kota Ternate.
Kaur Penum Bid Humas Polda Malut AKP Hefrizon dalam kegiatan ini menyampaikan bahwa perkembangan teknologi saat ini sudah lebih berkembang . Zaman dahulu berita bersumber dari sebuah mesin ketik, yang dilanjutkan dengan perkembangan teknologi, berita sudah bisa dibuat dari sebuah PC/ Komputer tapi saat ini berita sudah bisa kita buat dan kita dapatkan melalui jari tangan kita sendiri yaitu melalui Hanphone yang selalu melekat ke tangan setiap saat.

Perkembangan media sosial yang salah adalah menjadikan sosial media sebagai tempat untuk menyebarkan HOAX. HOAX adalah usaha untuk menipu atau mengakali pembaca/pendengar untuk mempercayai sesuatu, padahal pembuat berita itu tahu bahwa berita tersebut palsu. Tujuan Berita Hoax tersebut adalah hanya sekedar iseng/lelucon, kadang pembuat Hoax mengirim berita bohong kepada orang dekatnya tanpa niat untuk menyebarkan ke masyarakat luas, namun sebagian penerima tidak menerimanya sehingga berita Hoax tersebut tersebar luas.
“Untuk melawan berita HOAX yang beredar ditengah-tengah masyarakat, ada beberapa tips yang diberikan Polda Maluku Utara yang lebih dikenal dengan istilah C yaitu : Cari, Cermati, Cek dan Cepat. Cari perbandingan berita pada sumber yang dapat dipercaya atau sumber yang sudah mengeluarkan klarifikasi. Cermati kesinambungan judul dengan isi berita, apakah penggunaan bahasanya etis atau tidak. Cek sumber berita, tanggal berita dan cek keaslian foto. Dan yang terakhir adalah Cepat beritahu fakta-fakta kepada keluarga/teman bahwa berita tersebut adalah berita Hoax/bohong.”ucap AKP Hefrizon.

Kaur Penum Bid Humas Polda Malut juga mengajak para peserta Jumbara yang merupakan anggota Palang Merah Remaja Kota Ternate ini, sebagai pelajar yang modern dan berpendidikan harus pandai dalam menggali informasi. Kita wajib membaca dengan teliti dan menelusuri sumber dari berita tersebut, dan yang terpenting adalah jangan terlalu mudah untuk menyebarluaskan berita tersebut sebelum berita tersebut diketahui kebenarannya.

(bb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password