Berjasa Untuk Indonesia, Gubernur Sultra Resmikan Nama Jalan Komjen Dr. H. M. Jasin

tribratanews.polri.go.id – SULAWESI TENGGARA. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi, S.H., M.H., meresmikan nama Pahlawan Nasional, Komjen Pol. Dr. M. Jasin sebagai nama jalan poros Polda Sultra menuju Bundaran Pesawat, Sabtu (10/11).

Bila selama ini nama jalan poros Polda Sultra menuju Bundaran Pesawat dikenal dengan nama Jalan Boulevard, kini telah resmi berganti menjadi Jalan Komjen Dr. H. M. Jasin.

Nama jalan ini awalnya merupakan usul dari Kapolda Sultra, Brigjen Pol. Iriyanto, S.I.K., pada Rapat Kerja Forkopimda Provinsi Sultra pada (29/10) lalu. Saat itu Kapolda Sultra memperkenalkan dan menginformasikan tentang pengabdian serta jasa Komjen Pol. M. Jasin.

Baca juga : Peringati Hari Pahlawan, Kapolri Hadiri Gowes Bandung Lautan Sepeda

Putra terbaik Sulawesi Tenggara yang juga ditetapkan sebagai Pahlawan nasional tersebut lahir di Baubau, Sultra, pada 19 Juni 1920. Komjen Pol. M. Jasin meninggal di Jakarta pada 3 Mei 2012 pada usia 92 tahun.

Jasad putra terbaik Sulawesi Tenggara itu pun dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Dahulu kala pada 21 Agustus 1945, Inspektur Polisi Muhammad Jasin yang merupakan Komandan Tokubetsu Keisatsutai (Polisi Istimewa) menyatakan diri menjadi Kepolisian Negara Republik Indonesia, kemudian segera melakukan tindakan-tindakan untuk mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia.

Sosok asli Pulau Sulawesi ini menunjukkan semangat berjuangnya saat menjalankan tugas dari Kapolri pada masa itu, Jenderal Polisi Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo untuk membentuk Brigade Mobil (Brimob).

Baca juga : Kapolri Hadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di TMP Cikutra Bandung

Sementara itu prestasi berhasil ditorehkan berkat Kesatuan Brimob berjasa dalam mengatasi ancaman keamanan dan ketertiban seperti peristiwa agresi militer Belanda. Brimob juga berhasil mengamankan wilayah Jawa Barat dari ancaman DI/TII. Berkat jasanya, M. Jasin pun diangkat sebagai Bapak Brimob Polri.

Gubernur Sultra mengatakan, “Tepat di Hari Pahlawan ini, kami Pemerintah Provinsi Sultra bersama Polda Sultra bersama-sama membuat sejarah yaitu dengan mengabdikan nama Pahlawan asal Sultra dan sekaligus Bapak Brimob Polri sebagai nama jalan.”

(pr/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password