Polisi Berhasil Amankan Pemilik Rumah dan Pekerja yang Menyimpan Sejumlah Benih Lobster

Tribratanews.polri.go.id. – Jambi. Polisi lakukan penggerebekan terhadap sebuah rumah yang diduga sebagai tempat penyimpanan benih lobster di RT 29, Kelurahan Lebak Bandung, Kecamatan Jelutung, Jumat (9/11) sore.

 

Dalam penggerebekkan tersebut, tim gabungan Mabes Polri, Polresta Jambi, Polda Jambi dan BKIPM Jambi, berhasil menggerebek rumah milik Imam Santoso. Penggerebekkan tersebut dilakukan dengan menggunakan peralatan dan persenjataan lengkap, guna menghindari dan mengantisipasi perlawanan dari terduga tersangka.

 

Polisi berhasil mengamankan beberapa orang diduga pekerja di rumah tersebut. Selain itu, Polisi juga mengamankan puluhan ribu benih lobster.

 

“Itu rumah Imam yang digerebek. Isinya udang di situ,” penuturan Ketua RT 29, Ro Martin. Kapolresta JambiKombes Pol Fauzi Dalimunthe mengatakan, timnya tengah berada di lokasi penggerebekan. Puluhan ribu Baby Lobster tersebut diamankan dari gudang penampungan yang berada di Jalan Bintan, Kecamatan Jelutung, Kota Jambi, pada Jumat (9/11).
Petugas juga mengamankan 9 orang berinisial IS (pemilik gudang), YT,HR HD,AGI,IS,TMR (bagian packing), BK (supir) dan KD (bagian pembukuan).

 

Kasubdit 4 Dittipidter Bareskrim Polri, Kombes Pol. Parlin Silitonga, S.I.K., saat konferensi pers di Mapolresta Jambi pada Sabtu (10/11) menerangkan, benih lobster itu dikemas para pelaku di dalam wadah plastik sebanyak 415 buah. Total kerugian negara yang berhasil diselamatkan senilai Rp 8,7 Miliar.

 

Menampung bibit Lobster yang dilindungi Melanggar Undang – Undang RI No. 31 th 2004 ttg Perikanan sebagaimana telah diubah dengan Undang – Undang RI No. 45 tahun 2009 ttg perubahan atas UU RI No. 31 th 2004 ttg Perikanan dan Pasal 6 Jo Pasal 7 Jo Pasal 9 Jo Pasal 31 ayat (1) Undang – Undang RI Nomor 16 th 1992 ttg Karantina Ikan, Hewan dan Tumbuhan.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password