Pasca Gangguan KKB, Kapolda Papua Pastikan Balinggai Aman

Tribratanews.polri.go.id – LANNY JAYA. Kapolda Papua, Irjen Pol. Drs. Martuani Sormin, M.Si., bersama satgas gabungan TNI-Polri memimpin pelaksanaan penegakan hukum di Distrik Balingga, Kabupaten Lanny Jaya, Papua, Kamis (8/11) pasca terjadinya gangguan kamtibmas yang dilakukan oleh KKB (kelompok kriminal bersenjata) pada Jumat (2/11) lalu. Kedatangan Kapolda Papua ini disambut antusias oleh masyarakat setempat.

Dalam kesempatannya, Camat Balingga mengungkapkan bahwa Purom Wenda yang merupakan pimpinan KKB bukanlah Putra Asli Balingga, melainkan Putra Asli Puncak Jaya yang mengungsi yang masuk ke Distrik Balingga. Ia juga menuturkan, selama 5 tahun terakhir pembangungan di Distrik Balingga terhambat karena gangguan dari Purom dan kelompoknya. Purom dan kelompoknya sering melakukan penjarahan ke warga masyarakat Balingga. maka dari itu, camat Balingga berharap pihak kepolisian segera menangkap Purom dan kelompoknya agar daerahnya aman dan damai.

“Lima tahun pembangunan terhambat karena diganggu oleh Purom dan kelompoknya, ketika pembangunan masuk ke Distrik Balingga, Purom dan kelompoknya selalu meresahkan warga, sering meminta bahan sembako baik berupa makanan ataupun gula dan kopi bila tidak diberikan mereka menodong masyarakat dengan senjata perbuatanya menjadi kami takut,” ujar Camat Balingga.

Selain itu, Sudirman Kogoya selaku perwakilan para guru mengapresiasi kehadiran Kapolda Papua bersama tim satgas Polri dan TNI. Karena ulah Purom dan kelompoknya menghambat kegiatan belajar mengajar di sekolah-sekolah Balingga. Sehingga untuk sementara waktu para guru tidak berani mengajar.

Sementara itu, dalam kesempatannya Kapolda Papua mengatakan bahwa kehadirannya bersama para anggota Polri dan TNI untuk memberikan rasa aman kepada masyarkat. Dengan menempatkan anggota Polri maupun TNI di Distrik Balingga.

Baca juga: Cerdaskan Anak Bangsa, Polisi Pi Ajar Hadir Di Sekolah Asrama Taruna Papua

“Tidak boleh ada yang membuat masyarakat takut dengan cara todong senjata untuk meminta ternak, makanan, gula, kopi dan sebagainya, anak-anak tidak sekolah, anak gadis diganggu, namun masyarakat tidak berani melapor, yang pasti mereka mengganggu keamana, ketertiban di sini, satu hal yang kami minta yaitu bapak harus bantu kami,” ujarnya.

Mantan Kadiv Propam Polri ini berharap dengan kehadiran para aparat bisa mengusir kerusuhan Purom dan kelompoknya sehingga situasi kamtibmas Distrik Balingga aman serta anak-anak bisa kembali bersekolah seperti biasa.

Kegiatan temu Kapolda Papua dengan masyarakat diakhiri dengan acara bakar batu dan pemberian sarana olahraga berupa net, bola voli, bola kaki dan pompa. Selanjutnya diakhiri dengan doa bersama.

(img/rd/rp)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password