Minimalisir Korupsi Dengan Rumah Dp 0 Persen Untuk ASN, TNI, dan Polri

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Anggota Komisi III DPR Ahmad Sahroni mengapresiasi langkah pemerintah menyiapkan rumah berskema pembiayaan down payment (DP) 0 persen bagi ASN, TNI dan Polri. Pemenuhan rumah sebagai kebutuhan primer atau pokok diharap akan turut mempengaruhi ASN, TNI, Polri untuk tidak melakukan pelanggaran hukum, khususnya pungli dan korupsi.

Anggota Komisi III DPR menilai salah satu penyebab masih munculnya persoalan pungli dan korupsi tak lepas dari tingginya kebutuhan dasar. Persoalan tingginya harga hunian membuat oknum ASN, TNI dan Polri mencari segala cara.

“Saya meyakini pemenuhan rumah untuk ASN, Polri dan TNI sebagai langkah tepat pemerintah, khususnya menyangkut kesejahteraan dan meminimalisasi pelanggaran hukum,” jelas Ahmad Sahroni dalam keterangan tertulis.

Ahmad Sahroni juga menilai salah satu penyebab munculnya tindakan pungli dan korupsi tidak lepas dari tingginya kebutuhan dasar. Kendala di kepemilikan rumah bagi ASN, anggota TNI dan Polri adalah DP yang dinilai cukup besar. Banyak yang hingga kini tidak memiliki hunian karena tak memiliki tabungan mencukupi untuk pelunasan DP.

Penyediaan rumah sebagai bentuk upaya menopang kesejahteraan bagi aparatur sipil negara (ASN), TNI, dan Polri saat ini menjadi salah satu perhatian serius pemerintah. Rapat terbatas membahas persoalan ini dilakukan Presiden Joko Widodo di Kantor Presiden, Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta.

Presiden RI menekankan pentingnya perkembangan atas kebijakan ini karena pembahasan mengenai program penyediaan perumahan bagi ASN, TNI, dan Polri ini sudah berkali-kali dilakukan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Bambang Brodjonegoro menyebutkan, nantinya para ASN, anggota TNI dan Polri bisa membeli rumah yang dibangun pemerintah dengan uang muka 0 persen. Sementara itu, masa cicilan bisa sampai 30 tahun.

(fb/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password