Tangkal Berita Hoax, Kapolda Bengkulu Gandeng Media Online

Tribratanews.polri.go.id – Bengkulu. Kapolda Bengkulu Brigjen Pol. Drs. Coki Manurung, S.H., M.Hum., yang di dampingi Karo Ops Polda Bengkulu Kombes Pol. R.Slamet Santoso S.I.K., Dir Reskrimum Polda Bengkulu Kombes Pol. Tarmizi SH, Kabid TIK Polda Bengkulu AKBP Nazwar serta Kabid Humas Polda Bengkulu AKBP Sudarno, S.Sos., M.H., tadi malam (06/11) menggelar pertemuan silaturahmi dengan seluruh media online yang ada di Kota Bengkulu.

Hadir juga dalam pertemuan silaturahmi yang bertempat di Adem Resto Kawasan Tanah Patah Kota Bengkulu tersebut Perwakilan dari Kesbangpol Provinsi Bengkulu, Kadis Kominfo Edi Prawisnu, serta Ketua Media Online SMSI DR. Rahiman Dani serta penggiat media online seluruh Bengkulu.

Adapun tema yang diangkat dalam pertemuan tersebut yakni membangun kesepahaman, memerangi hoax, menciptakan Pileg dan Pilpres 2019 yang aman, damai dan tentram. selain mengadakan silahturahmi Kapolda Bengkulu juga membuka forum diskusi dalam kesempatan tersebut yang akan sangat berguna bagi kemajuan Indonesia pada umumnya dan Provinsi Bengkulu pada khususnya.

Dalam pertemuan yang berlangsung selama 2 jam tersebut baik dilakukan diskusi mengenai adanya konten dalam medsos facebook yang memicu timbulnya berita hoaks,dikarenakan penggunanya yang banyak dan mudah mengakses, penanganan UU ITE terhadap penyebaran berita online yg berisi berita Hoax hanya sebatas pencegahan.dan Dibutuhkan tindakan hukum yg jelas untuk meminimalisir berita hoax yg berkonten provokasi.

Menanggapi hal tersebut Kapolda Bengkulu menyampaikan bahwa saat ini penanganan kasus hoax telah dilaksanakan Bengkulu dengan dibentuknya Tim Cyber Crime, dan telah melakukan beberapa keberhasilan seperti mengungkap kasus judi online dan beberapa kasus lain. Serta telah dibentuknya Cyber Troops guna memperkuat Tim Cyber Crime dalam pengungkapan kasus berbasis media online.

 

(js/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password