Polisi Menahan 9 Orang Pelaku Pembakaran Mapolsek Bendahara di Aceh

Tribratanews.polri.go.id – Tamiang. Polres Aceh Tamiang menahan 9 tersangka pelaku pembakaran Markas Polisi Sektor (Mapolsek) Bendahara, Kabupaten Aceh Tamiang, Rabu (7/11/2018). Mereka masing-masing berinisial JI (38), AN (38) SL (46), ZI (32), MD (26), IN (36), I (35) dan RI (30). Para tersangka berasal dari dua kecamatan, yaitu Kecamatan Bendahara dan Kecamatan Bandar Mulia, Kabupaten Aceh Taming.

Kapolres Aceh Tamiang, AKBP Zulhir Destrian, S.I.K., M.H., menjelaskan, pemeriksaan intensif dilakukan dari 3 hingga 6 November 2018. Polisi memanggil 15 orang untuk diperiksa intensif. Satu di antaranya tidak datang karena sudah pulang ke Batam.

“Jadi yang diperiksa hanya 14 orang,” katanya.

Setelah pemeriksaan intensif dilengkapi dengan bukti-bukti, penyidik menyakini bahwa 9 orang itu terlibat kasus perusakan dan pembakaran Mapolsek tersebut.

Mereka dijerat Pasal 170 dan 180 KUHPidana dengan ancaman lima tahun penjara.

“Kami tegaskan, seluruh masyarakat posisinya sama di mata hukum. Bahwa ada dugaan personel Polsek melakukan tindakan penganiayaan hingga tersangka A meninggal dunia. Itu juga diperiksa intensif tim Polda Aceh dan Polres Aceh Tamiang. Kita tegaskan, anggota jika terbukti bersalah juga akan dihukum,” tegas Kapolres Aceh Tamiang tersebut.

Dia menyebutkan, sembilan tersangka itu sudah ditahan dan surat dimulai penyidikan telah dikirimkan ke Kejaksaan Negeri Aceh Tamiang.

“Kami imbau semua pihak menahan diri. Jika ada masalah, harap diselesaikan dengan baik dan menggunakan jalur hukum yang ada,” pungkasnya.

Sebelumnya, Mapolsek Bendahara dirusak dan dibakar sejumlah warga. Mereka melakukan itu setelah mengetahui bahwa A, terduga pengedar narkoba yang ditangkap personel Polsek Bendahara, meninggal dunia.

Diduga, A tewas karena dianiaya oleh sejumlah personel polsek. Ipda IW diberhentikan langsung dari jabatannya sebagai Kapolsek Bendahara oleh Kapolda Aceh beberapa jam pasca-insiden tersebut. Ipda IW digantikan AKP Sumasdiono.

(my/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password