Gadaikan 32 Mobil, Pria ini Ditangkap Polisi

Tribratanews.polri.go.id – Purwakarta. Jajaran Polres Purwakarta berhasil menangkap seorang Pria berinisial ZA (42) asal Kabupaten Karawang yang diketahui telah melakukan penipuan dan penggelapan kendaraan roda empat.

 

Kapolres Purwakarta, AKBP Twedi Aditya Bennyahdi menjelaskan, ZA mengaku sebagai rekanan dari pihak yang memenangkan proyek PLTU di Kabupaten Indramayu. Berbekal profesi tersebut, ZA berhasil mengelabui 32 pemilik mobil yang ada di Purwakarta.

 

“Alih-alih menyewa mobil milik para korban, ZA malah menggadaikan mobil-mobil yang disewanya kepada warga yang ada di Kabupaten Subang dan Indramayu,” ujar Kapolres Purwakarta, Selasa (6/11).

 

Sampai saat ini, sudah 32 warga yang menjadi korban ZA. Dari 32 kendaraan yang digadaikannya, petugas sudah mengidentifikasi 12 kendaraan.

 

Modus ZA mulai terbongkar ketika dia sudah tak bisa membayar sewa mobil sesuai perjanjian. Karena itu, korban melaporkan kasus ini ke kepolisian. Kemudian, polisi berhasil menangkap ZA saat berada di salah satu hotel di Bandung.

 

Atas perbuatannya, ZA dijerat Pasal 372 dan 378 KUHP, tentang Penipuan dan Penggelapan. Sebagaimana di atur dalam pasal tersebut, pelaku terancam hukuman penjara selama lima tahun.

 

Dari setiap aksinya, ZA mampu meraup uang kisaran Rp 20 – 25 juta. Kepada polisi ZA mengaku terpaksa melakukan perbuatan tersebut karena faktor ekonomi.

 

(rj/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password