Menghadapi Perayaan Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Polri Pastikan Stok Pangan Aman

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Menghadapi perayaan Natal dan Tahun Baru, Satgas Pangan Polri pastikan ketersediaan stok pangan terutama beras medium akan aman terkendali. Permintaan kebutuhan pokok tersebut diprediksi akan mengalami peningkatan di beberapa daerah.

 

Kepala Satgas Pangan Polri, Irjen Pol. Drs. Setyo Wasisto, S.H., mengatakan, pihaknya menargetkan pendistribusian stok pangan ke beberapa daerah rampung pada awal bulan depan. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan harga akibat tingginya permintaan.

“Saya mengharapkan distribusi bahan pokok itu sudah sampai paling lambat awal Desember sudah di lokasi. Sekarang masih ada waktu untuk merapikan kegiatan itu, dan kalau bisa akhir bulan ini sudah di daerah masing-masing tujuan, lebih bagus,” ujar Kepala Satgas Pangan Polri, Rabu (7/11/2018).

 

Saat ini, harga beras medium di beberapa tempat sudah mulai merangkak naik dalam dua pekan terakhir. Meski tidak signifikan, kenaikan tersebut tetap berpengaruh pada inflasi. Selanjutnya, pemerintah juga akan mengadakan operasi pasar untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan. Selain itu, distribusi pangan juga akan diprioritaskan ke daerah yang mayoritas penduduknya merayakan Natal.

 

“Karena kita tahu saudara-saudara kita di wilayah seperti Sumut, Sulut, Maluku, Papua Barat, NTT, itu akan merayakan Natal. Dalam distribusi menggunakan kapal ke sana, kalau cuacanya tidak bagus juga tertunda, ini akan mengganggu harga,” ujar Kadiv Humas Polri, sekaligus Kasatgas Pangan Polri. Ia mengimbau agar di daerah berkoordinasi dengan stakeholder terkait, Dinas Perdagangan, Dinas Pertanian di daerah untuk menjaga stabilitas harga. Apabila terdapat kekurangan segera diisi bahan pokoknya, kalau lebih agar ditunda dahulu distribusinya sehingga harga tetap stabil.

 

Adapun beberapa komoditas yang harganya diprediksi akan melonjak jelang Natal dan Tahun Baru antara lain, tepung terigu, telur, daging, daging ayam, bawang putih, dan bawang merah.

 

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password