Polisi Tangkap Tiga Orang Pelaku Pembobolan ATM dengan Modus Call Center

Tribratanews.polri.go.id – Jakarta. Polda Metro Jaya berhasil menangkap tiga orang pelaku pembobol ATM yang berpura-pura sebagai Operator Call Center di Jakarta, Selasa (06/11/18).

 

Modus kejahatan yang dilakukan oleh Zainal Arifin, Darlan, dan Lilis terbilang baru dengan salah seorang berpura-pura menjadi operator serta mempersiapkan segalanya dengan begitu matang. Zainal berperan sebagai orang yang memasang biji plastik di mulut ATM dengan harapan kartu ATM korban tertahan di dalam mesin.

 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol. Argo Yuwono menerangkan bahwa Zainal memasang nomor call center palsu di dekat ATM yang ternyata nomor tersangka lain. Kemudian, Darlan berperan sebagai tukang gambar, melihat situasi lokasi. Sedangkan Lilis berpura-pura sebagai call center dari bank.

 

Orang pertama yang menjadi korban para pelaku saat kartu ATM miliknya tak berfungsi secara normal. Ia pun tak bisa mengeluarkan kartu tersebut lantaran diganjal biji plastik pada mulut mesin ATM.

 

“Ketika korban datang ke mesin ATM tersebut dan memasukkan kartu ATM-nya ke mulut mesin ATM, kartunya terganjal dan tidak bisa digunakan mapun dikeluarkan. Korban menghubungi nomor call center palsu yang ditempel pelaku, dan melaporkan bahwa kartu ATM-nya tersangkut di mulut mesin ATM dan mau memblokir kartunya,” jelas Kabid Humas.

 

Kemudian, Lilis yang berpura-pura sebagai operator call center langsung menghubungi Zainal dan Darlan untuk memberitahu nomor PIN ATM korban. Mereka datang ke mesin ATM untuk menguras uang korbannya senilai Rp 5 juta. “Mengambil uang yang ada di ATM korban dengan transfer ke rekening penampung dan juga dengan tarik tunai,” katanya.

 

Berdasarkan hasil penyelidikan terdapat tiga Tempat Kejadian Perkara (TKP) yaitu RS (Harapan Bunda) di Jakarta Timur, ATM Bank BNI di Menteng, dan SPBU (Pertamina Cipinang) di Jakarta Timur. Pelaku dikenakan pasal 363 KUHP dengan ancaman hukuman 7 tahun penjara.

 

(er/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password