Ranjau Darat Aktif yang Ditemukan oleh Penambang Pasir, Dimusnahkan Polisi

Tribratanews.polri.go.id. – Kebumen. Polisi melaksanakan pemusnahan ranjau darat yang ditemukan oleh penambang pasir di Kali Lowereng Desa Kelopogodo, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen,Senin (5/11/2018).

Pemusnahan dilakukan oleh Brimob Detasemen Gegana Banyumas bersama dengan Polsek Gombong dan Koramil Gombong. Pemusnahan dilakukan di persawahan jauh dari pemukiman penduduk, Desa Wonosigro, Kecamatan Gombong, Kebumen pada pukul 10.58 Wib. Saat dilakukan identifikasi oleh Sat Brimob, ranjau tersebut diperkirakan adalah ranjau anti tank sisa peninggalan perang dunia II.

Ranjau darat yang berukuran panjang 15 sentimeter diameter 5 sentimeter, sebelumnya ditemukan oleh Fandi Ahmad (34) penambang pasir warga Desa Kelopogodo Kecamatan Gombong. Ranjau tersebut diketahui masih dalam kondisi aktif,
Setelah ditemukan oleh Fandi, pada saat itu juga temuannya dilaporkan ke Polsek Gombong, hingga akhirnya dimusnahkan oleh Polisi.

Kapolres Kebumen, AKBP Arief Bahtiar melalui Kasubbag Humas Polres Kebumen AKP Suparno mengapresiasi warga yang menemukan ranjau tersebut.
“Kita apresiasi tindakan warga melaporkan temuannya sehingga tidak membahayakan orang lain. Sekecil apapun, jika curiga, polisi harus dilapori. Nanti akan kita tangani,” ujar Kapolres Kebumen.

Dalam sejarahnya, di berbagai tempat di Kabupaten Kebumen, merupakan tempat pertempuran antara pasukan Republik Indonesia dengan pasukan penjajah. Jadi, dimungkinkan masih banyak amunisi aktif yang harus diwaspadai oleh warga yang masih terpendam tanah.

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password