Polda Kepri Ungkap Kasus OTT Kepala KSOP Pulau Sambu Batam

tribratanews.polri.go.id – KEPRI. Polda Kepulauan Riau (Kepri) menggelar Konferensi Pers terkait pengungkapan kasus tindak pidana korupsi berupa suap “Uang Kelancaran” dari PT. Garuda Mahakam Pratama kepada Kepala KSOP (Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan) Pulau Sambu Batam, bertempat di Pendopo Polda Kepri, Senin (5/11).

Konferensi Pers tersebut dipimpin langsung oleh Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Drs. S. Erlangga bersama Dir Reskrimsus Polda Kepri, Kombes Pol. Rustam Mansur, S.I.K. Pengungkapan tersebut berawal dari informasi masyarakat terkait adanya pemberian uang dari pihak perusahaan agen pelayaran kepada pihak KSOP Pulau Sambu Batam.

“Semenjak dijabat oleh kepala KSOP Pulau Sambu Batam yang baru (sejak bulan agustus 2018), pihak PT. Garuda Mahakam Pratama ada memberikan uang kelancaran di dalam melaksanakan kegiatan keagenannya kepada Kepala KSOP Pulau Sambu Batam, yang mana proses pemberian uangnya selalu dilakukan di Jakarta dan jadwal pemberian uang dilakukan pada setiap akhir bulan sedangkan untuk bulan Agustus dan bulan September 2018 telah diberikan,” ujar Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol. Drs. S. Erlangga.

Baca juga : Lagi, 13 Korban Lion Air JT610 Teridentifikasi, Total 27 Korban

Diketahui, penangkapan tersebut terjadi pada Kamis (1/11) lalu. Pihak Kepolisian mendapatkan informasi terkait pemesanan tiket pesawat oleh kepala cabang PT. Garuda Mahakam Pratama yang akan menuju Jakarta untuk menemui dan menyerahkan sejumlah uang kepada kepala KSOP Pulau Sambu Batam.

“Melihat kondisi tersebut diatas, selanjutnya tim lidik gabungan (Ditreskrimsus dan Ditintelkam) Polda Kepri melakukan pembuntutan sejak mulai keberangkatan dari Batam sampai dengan akhirnya pada pukul 19.30 Wib dilakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di restoran food market Gandaria City Mall Jakarta Selatan,” sambungnya.

Dari penangkapan tersebut, Kepolisian berhasil menyita barang bukti berupa, uang tunai sebesar US$ 9.200 (Sembilan Ribu Dua Ratus Dollar Amerika) yang disimpan didalam amplop warna putih serta beberapa barang bukti lainnya.

VI/RD/RP

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password