Puslabfor Polri : Serpihan Pesawat Lion Air JT-610 Tidak Ditemukan Unsur Bahan Peledak

Tribratanews.polri.go.id. – Jakarta. Sejumlah serpihan badan pesawat dan barang-barang milik korban jatuhnya Lion Air JT-610 dapat dipastikan negatif bahan peledak. Hal ini sudah dipastikan oleh Pusat Laboratorium Fornsik Bareskrim Polri.

Kepala Bidang Balistik Metalurgi Forensik Labfor Bareskrim Polri Kombes Pol. Ulung Kanjaya mengatakan, hal itu diketahui dari sampel residu kimia yang diambil dengan menggunakan lap steril (swipe) dari serpihan tas, sepatu, dan partisi dari pesawat. Pihak Kepolisian telah melakukan 7 kali swipe, dan dari hasil yang diperoleh tidak ada jejak bahan peledak pada barang-barang yg diperiksa.

Namun demikian, pihaknya tetap akan memastikan dugaan itu lewat uji lab dengan jalan dimasukkan ke dalam alat deteksi residu kimia serta mencocokkannya dengan data pada kotak hitam atau black box. Hasil uji lab itu sendiri akan bisa didapat sepekan kemudian.

“Perlu kita pastikan juga selain dari mesin, ada material khusus umpamanya barang-barang muatan penumpang yang dicurigai. Material-material yang tidak tahu itu yang kita teliti,” tutur Pemeriksa Bahan Peledak Labfor Bareskrim Polri, Kompol Heriyandi

(fa/sw/hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password