Polisi Tangkap Oknum Dokter Jadi Broker Joki Tes CPNS Makassar

Tribratanews.polri.go.id – Makassar. Polrestabes Makassar menangkap 6 anggota sindikat joki tes seleksi Calon Karyawan Negara Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) yang digelar di Aula RRI, Jl Ribura’ne, Makassar, Minggu (28/10/2018). Berdasarkan keterangan Kepolisian, aksi perjokian ini terjadi dengan bantuan dari Wahyudi, seorang dokter dengan status PNS yang bertugas di Pelindo IV.

Kapolrestabes Makassar Kombes. Pol. Irwan Anwar, S.I.K., S.H., M.Hum., Selasa (30/10/2018) menyampaikan bahwa Wahyudi bertugas sebagai broker yang mempertemukan joki tes dengan pengguna jasa.

Dokter Wahyudi kali ini tercatat bertugas sebagai Kepala Tenaga Kesehatan di Unit Pelaksana Misi (UPT) PT Pelindo IV Makassar.

Waktu les privat itu. Wahyudi menawarkan jasa joki kepada CPNS dengan bayaran sampai Rp 150 juta jika telah dinyatakan lulus PNS.

“Dokter Wahyudi ini juga lalu mencarikan dan mendatangkan joki lulusan Universitas ternama dari bermacam daerah di Indonesia, contohnya Jakarta. Joki-joki yang disiapkan Dokter Wahyudi ini pintar-pintar dan dengan simple menangani soal-soal dalam seleksi CPNS. Joki ini juga dibayar senilai Rp 25 juta sampai Rp 45 juta jika calonnya lulus jadi PNS,” jelas Kapolrestabes Makassar itu.

Polisi memberikan penjelasan bahwa aksi sindikat perjokian CPNS ini telah lama berlangsung, terutama saat ada ada penerimaan CPNS. Sekarang, polisi masih memburu sembilan orang pelaku yang tergabungn dalam sindikat ini.

“Kami berharap 9 orang yang masuk buron, agar cepat menyerahkan diri. Polisi akan terus melakukan pengejaran. Polisi pun berupaya membongkar PNS yang telah memakai jasa joki pada sindikat ini. Jika ditemukan, akan langsung kami proses,” tegas Kaporlestabes Makassar tersebut.

Sebelumnya telah diberitakan, praktik perjokian saat tes seleksi CPNS dalam Kemenkumham di Kota Makassar terungkap. Awalnya 4 tersangka tertangkap setelah panitia seleksi CPNS yang dikawal aparat Kepolisian melaksanakan pemeriksaan KTP dan kartu tes CPNS Kemenkumham di Aula RRI Makassar. 4 tersangka tidak berkutik dan langsung diamankan ke Mako Polrestabes Makassar guna mengalami pemeriksaan lebih lanjut.

(my/sw/hy)

 

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password