Penutupan Jembatan Way Umpu Polres Way Kanan Siapkan Tiga Posko Pengamanan

Tribratanews.polri.go.id, Polres Way Kanan bersama Pemerintah Kabupaten Way Kanan melaksanakan rapat koordinasi terkait rencana penutupan Jembatan Way Umpu, di aula PKK Pemkab setempat, Kamis (25/10/2018).

Kegiatan dihadiri oleh Asisten II Pemda Kabupaten Way Kanan Drs. Kusarwono, Kabag Ops Polres Way Kanan Kompol Yudi Pristiwanto, Kasat Lantas Polres Way Kanan AKP I Wayan Budiarta, Kadis Perhubungan Pemda Kabupaten Way Kanan Drs. Ahmad Odani, Staf Ahli Pemda Kabupaten Way Kanan Drs. Yunada Atiek, Kominfo Pemda Kab. Way Kanan, Camat Banjit, Camat Blambangan Umpu dan Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Way Kanan.

Rapat Koordinasi tersebut dilaksanakan terkait rencana penutupan Jembatan Way Umpu karena akan dilakukan perbaikan terhadap jembatan tersebut.

Asisten II Pemkab Way Kanan, Kusarwono, menyampaikan, ada beberapa bahasan yang harus dibahas terkait rencana penutupan Jembatan Way Umpu karena akan dilakukan perbaikan terhadap jembatan tersebut oleh pengusaha angkutan batubara, yang rencananya akan diperbaiki mulai Jumat 26 Oktober hingga Minggu 28 Oktober 2018.

Adapun bahasan yang dibahas antara lain, administrasi terkait perbaikan jembatan way umpu dikarenakan perbaikan tersebut akan dilakukan oleh pihak ke 3. Sekaligus alternatif jalur yang akan digunakan apabila jembatan way umpu ditutup dan personil yang akan menjaga jalur, Ungkapnya.

Sementara itu, Kabag Ops Polres Way Kanan Kompol Yudi Pristiwanto menyampaikan, terkait rencana penutupan jembatan way umpu, banyak yg harus kita pertimbangkan, namun bisa tidak bisa jembatan way umpu harus diperbaiki, karena ada beberapa kendaraan yang harus kita prioritaskan seperti kendaraan pertamina yg mengangkut BBM dan kendaraan yang mengangkut semen Baturaja yang akan digunakan untuk pembangunan jalan tol.

Polres Way Kanan telah mensurvei 2 jalur alternatif yaitu yang pertama jalur simpang lima Kelurahan Blambangan Umpu Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan menuju Kampung Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

Jalur lternatif kedua yakni jalur Simpang Empat Kampung Negeri Baru Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan menuju Kecamatan Kasui Kabupaten Way Kanan melintasi Kecamatan Banjit Kab. Way Kanan dan Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan, namun jalur alternatif tersebut kondisinya rusak dan ada yang sedang dilakukan perbaikan, sehingga untuk kendaraan besar atau kendaraan angkutan besar tidak dapat melalui jalur alternatif tersebut.

Dari hasil rapat Kordinasi sementara, terkait waktu pelaksanaan perbaikan jembatan way umpu masih menunggu perizinan dari Balai Besar di Palembang, Sumatera Selatan dikarenakan perbaikan tersebut di sponsori oleh pihak ke 3 dan Jalan alternatif yang akan digunakan hanya satu saja, yakni jalur simpang pule, baik yang akan keluar dari blambangan, maupun dari baradatu menuju ke simpang pule. Namun melihat kondisi jalan yang ada saat ini, selain sempit juga kecil, bila dilewati dengan kendaraan besar akan bermasalah.

Selanjutnya dalam waktu singkat ini, informasi ditutupnya jembatan Way Umpu, dari Polres Way Kanan akan melakukan pemasangan pemberitahuan di sekitar baradatu, Way tuba, simpang empat. Serta berlakunya posko 24 jam.

Polres Way Kanan akan mempersiapkan 3 posko pengamanan yaitu, Posko Simpang Lima, Posko Simpang Empat dan Posko KUD Sidoarjo Kec. Blambangan Umpu Kab. Way Kanan. (Oz/Sw/Hy)

0 Comments

Leave a Comment

Login

Welcome! Login in to your account

Remember me Lost your password?

Lost Password